Posko Crisis Center KRI Nanggala-402 di Koarmada II Surabaya dan Lanal Banyuwangi

Dua posko crisis center dibentuk untuk memberikan dukungan peralatan saat pencarian KRI Nanggala-402.

Posko Crisis Center KRI Nanggala-402 di Koarmada II Surabaya dan Lanal Banyuwangi
Ilustrasi kapal selam. (Foto: Puspen TNI)






KABAR.NEWS, Bali - Tentara Negara Indonesia (TNI) membuka dua posko crisis center hilangnya Kapal Selam KRI Nanggala-402 di Laut Bali. Dua posko crisis center tersebut berada di Markas Komando Armada II Surabaya dan Lanal Banyuwangi. 

Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayor Jenderal Achmad Riad mengatakan dua posko crisis center tersebut untuk menyokong peralatan selama pencarian kapal selam KRI Nanggala-402. Riad mengatakan posko itu dilengkapi dengan peralatan penyelamatan.

"Dengan beberapa peralatan pendukung, seperti ambulance MHT, hiperbarik chamber itu apabila ditemukan crew, jadi langsung dilakukan penyelamatan," ujarnya dikutip dari detik.com, Kamis (22/4/2021). 

Sekadar diketahui, KRI Nanggala-402 hilang kontak di Perairan Bali. Hari ini, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan meninjau langsung proses pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 di atas KRI Soeharso. Hadi didampingi oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Yudo Margono.

"Beliau sudah sampai dan nanti akan naik helikopter menuju KRI Soeharso meninjau langsung dapat informasi segera setelah beliau kembali saya akan informasikan kembali mudah-mudahan antara pukul 2 atau 3 kita laksanakan konferensi pers," kata Achmad Riad.

Riad menjelaskan Panglima TNI seharusnya menggelar konferensi pers pada pagi ini. Namun karena data-data belum detail, konferensi pers diundur hingga sore nanti.

"Bapak Panglima tidak bisa memberikan keterangan sekarang karena beliau masih ingin mendapatkan keterangan yang lebih detail dan direncanakan beliau akan langsung KRI Soeharso untuk bertemu dengan bapak kepala staf angkatan laut sehingga data detail yang kondisi seperti apa dari data yang sudah disampaikan sehingga beliau bisa menyampaikan dengan lebih jelas," tuturnya.