Positive Rate Tinggi, IDI Makassar Tolak Disdik Sulsel Buka Sekolah

IDI Makassar menyarankan sekolah di buka setelah guru dan siswa disuntik vaksin Covid-19.

Positive Rate Tinggi, IDI Makassar Tolak Disdik Sulsel Buka Sekolah
Ilustrasi sekolah tatap muka. (Foto: Internet)






KABAR.NEWS, Makassar - Rencana Dinas Pendidikan (Disdik) Sulawesi Selatan (Sulsel), Muhammad Jufri untuk memulai sekolah tatap muka kelas XII SMA/SMK mendapatkan penolakan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Makassar. Penolakan IDI Makassar tersebut karena Positive Rate di Sulsel saat ini masih tinggi. 

Ketua IDI Makassar, dr Siswanto Wahab menjelaskan penolakan atas rencana Disdik Sulsel untuk pembelajaran tatap muka berdasarkan sejumlah fakta. Ia menyebut saat ini Positive Rate di Sulsel mencapai 38,16 di Indonesia. 

"Angka Covid-19 di Sulsel masih masuk 5-7 tertinggi di Indonesia dan Makassar sebagai episentrum. Atas dasar itu, IDI Makassar tolak kebijakan tatap muka baik secara bertahap atau sekaligus," ujarnya kepada KABAR.NEWS melalui keterangan tertulisnya, Selasa (23/2/2021). 

Siswanto mengku ada tiga poin penting untuk perhatikan masa depan anak yakni hak anak hidup, sehat dan mendapatkan pendidikan. Selain itu, sampai saat ini guru dan siswa belum masuk prioritas untuk disuntik vaksin. 

"Siapa yang mau bertanggung jawab jika anak-anak kena Covid-19. Anak-anak bisa terpapar di sekolah, bisa kena saat pergi atau pulang ke sekolah. Setelah itu membawa virus ke keluarga. Dampaknya terjadi klaster sekolah, serta meninggi lagi klaster keluarga," ujar dokter ahli kulit ini.

dr Anto sapaan akrabnya mengaku pihaknya mendukung penuh kebijakan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) tentang kegiatan belajar mengajar tatap muka bisa dilakukan jika guru dan siswa sudah menjalani vaksinasi Covid-19. 

"Seluruh warga sekolah, termasuk guru dan staf sebagai bagian dari masyarakat memiliki risiko sama untuk tertular dan menularkan Covid-19. Intinya IDI Makassar Tolak kebijakan buka sekolah saat Covid-19 masih tinggi di Sulsel," ucap Anto.

Penulis: Darsil Yahya/B