Polres Torut Tangkap 5 Orang Penyalahgunaan Narkoba

Terancam hukuman 12 tahun penjara.

Polres Torut Tangkap 5 Orang Penyalahgunaan Narkoba
Wakapaolres Torut, Kompol Urbanus Mangambe saat rilis pengungkapan kasus penyalahgunaan narkoba di Mapolres Torut, Selasa (16/2/2021). (Foto: KABAR.NEWS/Febriani)






KABAR.NEWS, Rantepao - Kepolisian Resor (Polres) Toraja Utara (Torut) menangkap lima orang kasus penyalahgunaan narkoba. Dari lima pelaku, satu orang masih di bawah umur. 

Wakil Kepala Kepolisian Resort Toraja Utara, Komisaris Polisi Urbanus Mangambe mengatakan pihaknya menangkap lima orang dalam kasus penyalahgunaan narkoba. Empat pelaku tersebut ditangkap pada Rabu (10/2/2021) di Jalan Pahlawan, Kelurahan Rantepao, Kecamatan Rantepao, Toraja Utara. 

Dijelaskan Urbanus, kronologi penangkapan bermula dari ditangkapnya dua orang yakni FA (22) dan MT (22). Dua pelaku, kata Urbanus, merupakan pembeli barang haram tersebut. 

"Dari penangkapan keduanya, selanjutnya ditangkap AP dan PS. AP ini masih di bawah umur dan bertindak sebagai kurir," tuturnya saat rilis di Mapolres Torut, Selasa (16/2/2021). 

Urbanus mengungkapkan hubungan AP dan PS adalah keluarga dan merupakan residivis kasus narkoba. 

"Keduanya ini punya hubungan darah, yakni om dan ponakan. PS meski masih di bawah umur, sudah tergolong residivis karena dua kali melakukan hal sama," kata dia. 

Dari empat pelaku, polisi mengamankan barang bukti 2 sachet sabu dengan total berat 0,60 gram, dua unit motor, dua unit handphone, dan uang tunai Rp 850 ribu. 

Selain menangkap empat pelaku, Satuan Reserse Narkoba Polres Toraja Utara juga menangkap seorang pemuda berinisial FP (18) tahun dalam kasus yang sama. FP ditangkap karena kepemilikan sabu seberat 1,8 gram

Kelima pelaku penyalahgunaan narkoba tersebut disangkakan pasal 112 ayat (1) dan atau pasal 114 ayat (1) tentang narkotika. 

"Ancaman hukuman paling singkat 4 tahun dan maksimal 12 tahun penjara serta denda Rp 800 juta," ucapnya. 

Penulis: Febriani/B