Polres Sinjai Periksa dua Kades Terkait Dugaan Korupsi Dana Desa

Mark up anggaran

Polres Sinjai Periksa dua Kades Terkait Dugaan Korupsi Dana Desa
Ilustrasi kepala desa. (Internet)






KABAR.NEWS, Sinjai - Dua kepala desa (Kades) di Kabupaten Sinjai, Sulsel, kini berurusan dengan aparat penegak hukum lantaran keduanya diduga melakukan tindak pidana korupsi.


Kasat Reskrim Polres Sinjai, Iptu Abustam mengatakan, dua kades yang diperiksa tersebut yakni Kades Bijinangka, Kecamatan Sinjai Borong inisial AF dan Kades Baru, Kecamatan Sinjai Tengah inisial AAM.

"Mereka diproses terkait dugaan korupsi dana desa dengan adanya pembangunan kantor desa dan fasilitas objek wisata," kata Abustam, Kamis (16/9/2021).


Kepala desa Bijinangka diproses hukum terkait dugaan mark up anggaran penggunaan bangunan gedung kantor desanya. 


"Ada dugaan mark up anggaran yang dilakukan oleh pemerintah desa setempat, contoh penggunaan semen dilaporkan 1.000 zak. Tetapi penggunaannya tidak demikian, sehingga dinilai ada praktik merugikan keuangan negara," ungkapnya.


Untuk menghitung jumlah kerugian negara kata Abustam, pihaknya melibatkan Inspektorat Kabupaten Sinjai. 


Sementara, yang terjadi di Desa Baru, terdapat sebuah bangunan pendukung objek wisata alam "Bulu Lanceng" yang diduga tidak sesuai dengan struktur kualitas dan rasionalisasi bahan material bangunan. 


"Pondasi lahan parkir objek wisata tersebut, baru-baru ini ambruk. Aparat desa dan kepala desa Baru sudah kami panggil untuk diperiksa terkait kerusakan bangunan itu yang tidak sesuai kualitas," beber Abustam.


"Khusus desa tersebut masih tahap penyelidikan," sambungnya.


Tipikor Polres Sinjai tidak hanya memeriksa bangunan yang baru ambruk, tetapi kualitas bangunan Objek Wisata Bulu Lanceng juga ikut diperiksa. 


Selain kepala desa setempat, polisi juga telah memeriksa sejumlah saksi lainnya termasuk aparat Desa Baru dan para pekerja bangunan tersebut.


Sejak tahun 2021 ini total lima desa yang diduga melakukan mark up anggaran sedang ditangani Tipikor Polres Sinjai. 


Sebelumnya, ada empat kades yang sudah diproses Polres Sinjai. Mereka yakni Kades Passimarannu inisial AF, Kades Arabika inisial ABH dan Kades Lamatti Riawang, Kecamatan Bulupoddo, MA.


Penulis: Syarif/B