Polres Sinjai Incar Pengendara Knalpot Bising

langkah awal diberi teguran

Polres Sinjai Incar Pengendara Knalpot Bising
ilustrasi






KABAR.NEWS, Sinjai - Penggunaan knalpot bising atau racing akhir-akhir ini marak digunakan bukan pada arena balap yang tentunya dapat mengganggu ketenangan dan kenyamanan masayarakat khususnya di kota di kabupaten Sinjai.

Sebagai langkah tegas Polres Sinjai telah melakukan sosialisasi untuk menindak pengguna knalpot bising dengan melakukan patroli

"Kami telah melaksanakan sosialisasi dan perintah terakhir dari Bapak Kapolres agar dilakukan patroli dan bila menemukan akan disita kendaraannya untuk diganti dengan knalpot standar, serta membuat surat pernyataan" ucap Kasat Lantas Sinjai, AKP H Abdul Rahim, Sabtu, (20/2/2021).

Menurutnya, langkah awal diberi teguran dan apabila ditemukan lagi menggunakan knalpot bising/racing akan tindak dengan tilang elektronik.

"Sesuai undang (UU) Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 285 Ayat 1, knalpot yang tidak memenuhi syarat akan didenda 250 ribu," ungkapnya.

Sementara itu Kapolres Sinjai, AKBP Iwan Irmawan yang dikonfirmasi mengungkapkan jika pihaknya akan menindak tegas setiap sepeda motor yang menggunakan knalpot bising/racing sebab knalpot tersebut sangat menganggu ketenangan masyarakat.

"Karena penggunaan knalpot racing sudah tidak sesuai dengan peruntukannya dan melanggar ketentuan yang sudah diatur dalam UU Lalulintas dan angkutan jalan," tegasnya.


Penulis: Syarif/B