Polres Jeneponto Tilang Motor Balap Liar, Bisa Keluar Setelah Lebaran

*Motor tersebut diamankan karena meresahkan masyarakat

Polres Jeneponto Tilang Motor Balap Liar, Bisa Keluar Setelah Lebaran
Polisi dari satuan lalu lintas Polres Jeneponto mengamankan belasan sepeda motor dari lokasi balapan liar. (IST/HO)






KABAR.NEWS, Jeneponto - Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Kabupaten Jeneponto, Sulawesi selatan, mengamankan 18 sepeda motor dalam operasi balapan liar selama tiga hari bulan Ramadan.


Kanit Turjawali Satlantas Polres Jeneponto Iptu Baharuddin mengatakan sepeda motor tersebut diamankan setelah pemiliknya lari kocar-kacir saat polisi tiba di lokasi. 


"Saat kita datang lakukan penyekatan mereka kocar kacir mengetahui kedatangan kami. Ada 18 unit sepeda motor yang diamankan," kata Iptu Baharuddin kepada KABAR.NEWS, Selasa (5/4/2022).


Baharuddin mengungkapkan belasan sepeda motor yang diamankan tersebut berada di dua lokasi, di antaranya, area Taman Turatea dan kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Jeneponto.


Penertiban ini digelar untuk menyusul keresahan masyarakat akibat maraknya aksi tersebut di Butta Turatea. Selain itu para pelaku aksi balap liar ini menggunakan knalpot racing.


"Ini guna menegakkan kamtibmas dan Kamseltibcar lantas selama bulan suci Ramadan," tutur Baharuddin.


Ia menegaskan, razia ini akan dilaksanakan setiap hari selama bulan Ramadan. Polisi akan menyasar wilayah-wilayah yang berpotensi terjadinya aksi balap liar dan free style.


Pemilik sepeda motor harus membawa surat-surat resmi untuk bisa mengambil kendaraan. Tapi, polisi baru mengeluarkan kendaraan tersebut setelah ramadan.


"Sanksinya tetap kita tilang, dan selesaipi ramadan baru bisa diurus kendaraannya yang kita amankan," ungkapnya.


Mantan Wakapolsek Batang ini mengimbau agar seluruh masyarakat Jeneponto tidak ikut-ikutan melakukan aksi balap liar dan free style. "Kita berharap kamtibmas serta kamseltibcar lantas di kabupaten Jeneponto selama bulan Ramadan bisa tercapai," harapnya.


Sebelumnya, di hari pertama bulan puasa, polisi sudah mengamankan sebanyak 11 motor di wilayah Kecamatan Tamalatea. Semua kendaraan tersebut diangkut ke Mapolresta Jeneponto untuk didata dan dilakukan penilangan.


"Sudah 29 unit sepeda motor yang sudah kita amankan, semuanya sudah diamankan di Polres Jeneponto," pungkasnya.


Penulis: Akbar Razak/B