Skip to main content

Polres Jeneponto Siap Gelar Operasi Zebra, Begini Imbauannya

Polres Jeneponto Siap Gelar Operasi Zebra, Begini Imbauannya
Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Jeneponto, AKP Ilham. (KABAR.NEWS/Akbar Razak)

KABAR.NEWS, Jeneponto - Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Jeneponto Sulawesi Selatan (Sulsel) siap untuk menggelar Operasi Zebra 2019 di sejumlah titik di daerah berjuluk Butta Turatea itu.


Kepala Satlantas Polres Jeneponto, AKP Ilham, mengatakan, Operasi Zebra akan digelar secara serentak pada 23 Oktober hingga 14 hari ke depan.


"Razia serentak kita lakukan di Jeneponto dan dimulai 23 Oktober ini," ujar AKP Ilham, di ruang kerjanya, Kamis (17/10/2019).


Baca juga: Polres Pangkep Bersiap Gelar Operasi Zebra, Catat Jadwalnya  

Pada Operasi Zebra 2019, pengendara yang terbukti melanggar lalu lintas akan ditindak di tempat. Maka dari itu AKP Ilham memberikan imbauan kepada para pengguna jalan di Jeneponto.


"Saya mengimbau kepada seluruh warga pengguna kendaraan di Jeneponto, agar menyiapkan kelengkapan berkas kendaraan masing - masing dan tidak melanggar peraturan berlalulinta," ucapnya


Dia pun merinci, dalam target operasi nantinya, pengendara yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) akan di tindak tegas, dan pengemudi di bawah umur, melawan arus lalulintas, tidak menggunakan helm SNI, menerobos lampu merah, serta kendaraan melebihi muatan juga akan disanksi.


Selain itu, pihaknya akan menyasar dan menindak kendaraan yang keabsahan SIM dan kendaraan bermotor (Ranmor) yang tidak sesuai dengan Undang-undang dan ketentuan (SIM,STNK,TNKB).


Kemudian, terhadap Ranmor yang menggunakan atau memasang lampu isyarat lalu lintas (Rotator/Strobo), serta Ranmor yang melanggar berat muatan dan tidak sesuai peruntukan dan lain jalan serta per UU lalu lintas lainnya.


AKP Ilham juga menegaskan, bahwa polisi lalu lintas juga akan menindak pengendara dengan SIM yang sudah kedaluwarsa dan para penunggak pajak kendaraan bermotor (STNK).


"Ya benar. Semuanya harus sesuai aturan. Makanya lebih awal kami lakukan pemberitahuan. Untuk mengingatkan masyarakat. Sanksi sesuai perundang-undangan,” tegasnya.


Baca juga: Satlantas Polres Maros Live Musik Sambil Sosialisasi Operasi Zebra

Operasi tersebut dimaksudkan agar pengendara tertib administrasi kendaraan bermotor melalui identifikasi keabsahan administrasi sesuai peraturan dan Undang-undang yang berlaku.


“Dan juga untuk meningkatkan kesadaran berlalu lintas yang lebih baik melalui upaya penegakan hukum’ guna meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas,” pungkas AKP Ilham.


Akbar Razak/B

 

loading...