Skip to main content

Politisi Nasdem Ini Ingin Persentase IPM Bulukumba Lebih Meningkat

Politisi Nasdem Ini Ingin Persentase IPM Bulukumba Lebih Meningkat
Arum Spink Politisi Nasdem. (IST)

KABAR.NEWS,Bulukumba - Peringatan Hari Jadi Kabupaten Bulukumba ke-59 yang jatuh pada tanggal 4 Februari 2019 lalu dimaknai spesial oleh politisi Nasdem, Arum Spink.

 

Pria yang biasa diakrab Pipink, berharap Bulukumba ke depan harus semakin maju, bukan hanya terkait pembangunan infrastruktur, tapi lebih penting pembangunan manusianya, dan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) adalah tolak ukur keberhasilan tersebut. 

 

“IPM adalah indikator untuk mengukur kualitas, derajat perkembangan manusia dari hasil pembangunan pada bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Peningkatan IPM menjadi manifestasi dari pembangunan manusia yang ditafsirkan sebagai sebuah keberhasilan pemerintah dalam meningkatkan kemampuan memperluas pilihan-pilihan pada sektor pendidikan, kesehatan dan ekonomi. IPM Kabupaten Bulukumba tahun 2016 mencapai 66,46 persen atau meningkat sekitar 1,34 persen dari tahun 2015 sebesar 65,58 persen, dan pada tahun 2017, meningkat menjadi 67,08 persen," jelasnya. 

 

"Grafik peningkatan IPM Kabupaten Bulukumba memang mengalami kenaikan dari tahun ke tahun, tapi persentasenya masih tergolong kecil. Kita ingin persentase lebih tinggi, akselerasi pembangunan lebih ditingkatkan lagi,” ungkapnya.

 

Selain itu, bertambahnya usia Kabupaten Bulukumba yang bertepatan dengan momentum politik pilpres dan pileg 2019 lanjut Pipink, haruslah menjadi refleksi bagi semua elemen. 

 

Baik itu penyelenggara pemerintahan maupun masyarakat, tentang sumbangsih, peran dan karya apa yang telah diberikan dalam proses penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. 

 

“Meskipun peringatan Hari Jadi Kabupaten Bulukumba tahun ini lebih sederhana dari tahun sebelumnya, tapi semoga filosofi hari jadi kali ini lebih dimaknai, bukan hanya sekedar ceremonial," bebernya. 

 

Lanjutnya, "April mendatang, kita akan menggelar pesta demokrasi. Semoga tahun politik 2019 tetap aman, siapapun kelak yang terpilih menjadi presiden dan anggota legislatif disemua level, itulah yang terbaik dan kita harus menghargainya sebagai proses kedewasan politik yang demokratis,” tutupnya.

 

  • Erwin Mappiara

 

 

 

loading...