Skip to main content

Polisi Sarankan Hujan Buatan, Pemkot Makassar Tak Punya Anggaran

Polisi Sarankan Hujan Buatan, Pemkot Makassar Tak Punya Anggaran
Hujan buatan menggunakan helikopter. (Ilustrasi/Wired/Cal Fire)

KABAR.NEWS, Makassar - Kebakaran besar yang terjadi di TPA Antang Makassar pada 15 September 2019 dikhawatirkan kembali terulang di tengah musim kemarau saat ini.


Polisi menyarankan pemerintah kota (Pemkot) Makassar untuk menyiapkan hujan buatan demi mencegah kebakaran TPA Antang kembali terjadi dan kebakaran lahan.


Baca juga: Kebakaran TPA Antang, Polisi Panggil Kepala DLH Makassar

Menanggapi saran dari kepolisian, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Makassar Iskandar, menjelaskan bahwa usulan tersebut telah disampaikan namun pemerintah terkendala anggaran.


"Kemarin, kita sudah rapatkan di tingkat satu dan diusulkan untuk hujan buatan. Dari BPBD tingkat satu itu pendapatnya kalau mau melakukan hujan buatan itu butuh biaya sampai Rp 5 Miliar, sekali hujan itu. Sementara memang tidak ada penganggaran untuk itu," ujar Iskandar, kepada KABAR.NEWS lewat sambungan telepon, Kamis (10/10/2019).


Iskandar juga menjelaskan bahwa prosedur untuk melakukan hujan buatan tidaklah mudah, selain faktor biaya dan juga ada hal teknis lainnya sehingga sulit dilakukan.


"Baru hujan biasa itu sepengatahuan saya musti dilengkapi dengan awan di atasnya, kalau hujan buatan melalui helikopter itu langsung di semprot itu juga yang mahal," tandasnya.


Sebelumnya Kasat Rerskrim Polrestabes Makassar meminta pemkot meniru kota-kota lain yang telah menyiapakn hujan buatan untuk meminilasir terjadinya kebakaran lahan.


Baca juga: Kecewa Tak Hadiri Dialog, Mahasiswa Sebut Nurdin Abdullah Pengkhianat

"Seharusnya dibuat hujan buatan lah, kan di Kota-kota lain pada buat hujan buatan, seharusnya Pemkot juga buat kan untuk kepentingan masyarakat juga," kata Indratmoko, di ruang kerjanya Kamis (10/10/2019).


Kebakaran TPA Antang terjadi pada Minggu 15 September 2019 hingga menyebabkan kabut asap di sejumlah wilayah di Makassar.


Fitria Nugrah Madani/CP/B

 

loading...