Polisi Makassar Amankan Jukir Minta Biaya Parkir Rp20 ribu

Biaya parkir Rp3 ribu jadi Rp20 Ribu

Polisi Makassar Amankan Jukir Minta Biaya Parkir Rp20 ribu
Sejumlah juru parkir liar yang diamankan di Polres Pelabuhan Kota Makassar, Kamis (29/4/2021). (Foto: Istimewa)






KABAR.NEWS, Makassar - Polisi akhirnya mengamankan sejumlah juru parkir (Jukir) liar yang membuat resah warga di kawasan Pasar Sentral, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). 


Salah satu Jukir liar yang diamankan yakni inisial T, ia viral di berbagai media sosial lantaran meminta tarif parkir kendaraan dengan biaya yang tidak wajar yakni Rp20 ribu.


"Belasan orang yang diamankan ini berdasarkan laporan adanya parkir liar, di mana di antaranya telah menaikkan biaya parkir di luar dari apa yang ditetapkan pemerintah daerah, kemudian ada karcis yang sudah mati tidak memiliki id card," kata Kasat Sabhara Polres Pelabuhan Makassar, Iptu Asfada 
kepada wartawan di kantornya, Kamis (29/4/2021) petang.


Kata Afada, para jukir liar ini menaikkan tarif parkir yang tidak sesuai dengan peraturan pemerintah setempat, mereka memanfaatkan moment menjelang perayaan Idul Fitri.


"Mereka memanfaatkan momen yang mana beraksi ketika mau perayahan hari raya idul fitri dan juga kami menemukan juru parkir yang sebenarnya bukan wilayah parkirnya. Kalau parkir khusus di pasar sebenarnya hanya Rp3 ribu sedangkan mobil hanya Rp5 ribu," ungkapnya.


Lebih lanjut, Afada bilang pihaknya akan intens melakukan patroli di kawasan perekonomian yang ramai dikunjungi masyarakat demi mengantisipasi aksi premanisme.


"Kita akan identifikasi lagi, kita akan liat yang mana paling besar pelanggarannya. Apabila bisa kami jejaki pembinaan, namun ketika kami lihat dan memiliki cukup bukti untuk kita proses ke tindak pidana ringan, sebagaimana perda tentang parkir," tandasnya.


Dalam video yang viral, tampak seorang Jukir meminta biaya parkir senilai Rp20 ribu kepada seorang pengendara mobil. Karena merasa keberatan, pemobil lantas meminta sang juru parkir tersebut menunjukkan karcis parkir.


Bukannya menunjukkan karcis parkir, Jukir tersebut malah menurunkan biaya parkir menjadi Rp15 ribu. Namun karena terus diminta menunjukkan karcis, juru parkir berpakaian hitam-hitam tersebut memilih pergi.


Penulis: Reza Rivaldy/B