Skip to main content

Polda Tahap Duakan Tersangka Istri Bos Abu Tours 

kasus abu tours
Kasus Abu Tours. (Ilustrasi KABAR.NEWS)

KABAR.NEWS, Makassar - Diam-diam, ternyata Penyidik Ditreskrimsus Polda Sulsel telah melakukan pelimpahan tahap II tersangka kasus penipuan dan tindak pidana pencucian uang jemaah calon umrah Abu Tours ke Kejaksaan Negeri Makassar.

Dua tersangka yang dilimpahkan yakni Nursyariah Mansyur, yang juga istri dari Hamza Mamba (bos Abu Tours) dan Khairuddin Bin M Latang yang keduanya menjabat sebagai komisaris PT Amanah Bersama Umat atau Abu Tours Travel. Bersamanya, berkas korporat Abu Tours juga dilimpahkan.

"Untuk tiga terdakwa lain sudah dilakukan tahap II dan sementara dalam proses penyiapan dakwaan oleh jaksa penuntut umum,"kata Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Sulsel saat, Salahuddin, Kamis (13/9/2018).

Namun terkait kapan pelimpahan tahap II berkas perkara ketiga terdakwa itu, Salahuddin mengaku tidak mengetahuinya. Katanya hanya mendapatkan informasi bahwa ketiga tersangka yang terakhir dilimpahkan saat ini sedang disusun dakwaannya.

Sebelumnya, penyidik kepolisian sudah melimpahkan dua tersangka penipuan dan pencucian uang jemaa umrah Abu Tours ke Kejaksaan Negeri Makassar. Dua tersangka itu ialah Bos Abu Tours, Muhammad Hamzah Mamba serta mantan direktur keuangan, Muh. Kasim.

Untuk Hamzah Mamba sendiri dijadwalkan akan menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Makassar pada Rabu (19/9/2018) mendatang.

"Ada lebih dua orang jaksa yang disiapkan di persidangan Hamzah Mamba. Yang jelas ini tim (JPU)," sambungnya

Hamzah Mamba sendiri diduga menggelapkan Rp1,4 triliun dana jemaah umrah yang berasal dari kurang lebih 96.976 orang calon jemaah. Mantan bos Abu Tours ini menerima dakwaan primer pasal 372 KUHP juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP juncto pasal 64 ayat (1) KUHP. 

Selain itu, Abu Hamzah juga didakwa pasal 378 KUHP juncto pasal 55 ayat (1) dan juga pasal 3 undang-undang Republik Indonesia nomor 8 Tahun 2010 Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang Jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP Jo. Pasal 64 ayat (1).

  • Andi Frandi