Polda Sulsel Musnahkan Barang Bukti Sabu 74,9 Kg

Merupakan hasil pengungkapan selama Agustus - September 2021.

Polda Sulsel Musnahkan Barang Bukti Sabu 74,9 Kg
Kapolda Sulsel, Irjen Merdisyam saat memusnahkan 74,9 Kg sabu di Mapolda Sulsel. (Foto: KABAR.NEWS)






KABAR.NEWS, Makassar - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan (Sulsel) memusnahkan barang bukti kasus tindak pidana narkoba seberat 74,9 Kilogram (Kg) dan 38.200 butir ekstasi. Pemusnahan barang bukti narkoba tersebut merupakan hasil dari pengungkapan selama Agustus hingga September 2021. 

Kapolda Sulsel, Inspektur Jenderal Merdisyam mengatakan pihaknya masih berusaha melakukan pengungkapan bandar besar penyuplai narkoba tersebut dari Malaysia melalui Surabaya dan masuk ke Makassar. Ia mengatakan untuk mengungkapkan jaringan atasnya, pihaknya bersama-sama dengan Bareskrim Polri. 

"Kelompok ini terkait juga dengan kelompok yang ditangani oleh Bareskrim Polri. Makanya kita bersama-sama Bareskrim Polri dan unsur BNN yang ada di sini," ujarnya usai pemusnahan barang bukti narkoba di Halaman Mapolda Sulsel, Selasa (28/9/2021).

 

Merdisyam menambahkan Sulsel, khususnya Makassar menjadi pintu masuk peredaran narkoba untuk wilayah di Pulau Sulawesi. Sejumlah provinsi yang menjadi tujuan peredaran sabu berikutnya yakni Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat. 

"Sulsel ini letaknya strategis, karena menjadi jalur penghubung laut dan udara wilayah Indonesia Timur. Untuk itu, Makassar menjadi target penyelundupan narkoba," ucapnya. 

Sementara Direktur Reserse Narkoba Polda Sulsel, La Ode Aries El Fathar menambahkan barang bukti yang dimusnahkan merupakan hasil pengungkapan selama Agustus hingga September 2021. Dari pengungkapan tersebut terdapat empat tersangka yang memiliki narkoba dalam jumlah besar. 

"Pemusnahan barang bukti narkoba ini merupakan hasil pengungkapan periode Agustus hingga September. Pemusnahan barang bukti ini sudah sesuai dengan amanah Undang Undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika," ucapnya.