Skip to main content

Polda Kerahkan 11.824 Personel Kawal Pemilu 2019 di Sulsel

Ilustrasi
Ilustrasi.

 

KABAR.NEWS, Makassar - Puluhan ribu petugas kemanan, terdiri dari TNI, Polri dan Linmas dikerahkan dalam mengawal dan melakukan pengamanan  pesta demokrasi, pemilihan umum (pemilu) calon legislatif dan Presiden 2019 di Sulawesi Selatan.


Karo Ops Polda Sulsel, Kombes Pol Stephen Napiun menerangkan, personel yang diterjunkan dibeberapa daerah ini untuk mengawal proses pemilu di Sulsel sebanyak 71.494 petugas, yang terdiri dari TNI Polri dan Linmas.


Baca Juga:


"Keseluruhan pengamanan itu dari Polri 11.824, TNI 7.883, dan linmas 51.787," ucapnya, Senin (15/4/2019).


Dia menyebutkan bahwa untuk personel yang berada di Mapolda Sulsel, akan dikirim atau di Bawah Kendali Operasi (BKO) ke beberapa Polres jajaran. 


Seperti, di Polres Selayar, Sidrap, Sinjai, dan Luwu Raya. Selebihnya, untuk pasukan pemukul seperti Brimob dan Shabara juga disiagakan untuk melapis atau menambah pasukan yang ada di TPS.


"Semua personel di BKO ke daerah. Kalau pun nanti kurang BKO dari Mabes Polri juga sudah siap. Waktu Pilkada serentak kemarin, kita sudah terapkan juga," tambahnya.


Tak hanya personel yang dikerahkan, Polda Sulsel juga melibatkan mobil tactical dan mobil komando dalam melakukan pengamanan pemilu. Mobil itu akan disiagakan di Makassar Raya, namun tidak menutup kemungkinan kalau ada kejadian di luar kota Makassar akan digeser. 


"Mobil itu memiliki ruang pemeriksaan, tahanan, dan semua perlengkapan milik personel," pungkasnya.

  • Lodi Aprianto