Plt Gubernur Sulsel: Terima Kasih Mayjend Andi Sumangerukka

Tampuk kepemimpinan di Kodam Hasanuddin berganti dari Mayjend TNI Andi Sumangerukka ke Moch Syafei Kasno.

Plt Gubernur Sulsel: Terima Kasih Mayjend Andi Sumangerukka
Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman saat menghadiri lepas sambut Pangdam XIV Hasanuddin. (Foto: Humas Pemprov Sulsel)






KABAR.NEWS, Makassar - Tampuk kepemimpinan Kodam XIV Hasanuddin berganti dari Mayor Jenderal (Mayjend) TNI Andi Sumangerukka ke Mochamad Syafei Kasno. Acara lepas sambut pun digelar di Balai Prajutit M Jusuf Makassar, Senin (5/4/2021). 

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman turut hadir melepas serta menghaturkan terima kasih kepada Mayjen TNI Andi Sumangerukka selama bertugas sebagai Pangdam XIV Hasanuddin. Andi Sudirman menilai Andi Sumangerukka sebagai sosok berdedikasi dan loyalitas selama menjadi Pangdam XIV Hasanuddin. 

"Terima kasih atas kontribusi dalam menciptakan suasana kondusif sehingga pembangunan di Sulawesi Selatan dapat berjalan aman dan lancar. serta banyak mengawal dan membantu penanganan Covid-19 di Provinsi Sulawesi Selatan. Kami mendoakan beliau bisa jauh lebih sukses," ujarnya.

Ia mengingat sosok Mayjen TNI Andi Sumangerukka memiliki peran besar dalam penanganan pandemi Covid-19 di Sulsel. Bahkan Andi Sumangerukka menginisiasi Balai Prajurit M. Yusuf sebagai Posko Penanganan Covid-19 Sulsel.

"Kami juga mengucapkan selamat datang kepada Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno sebagai Pangdam XIV Hasanuddin yang baru. Semoga sinergi dan kolaborasi dengan pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dapat terus berlanjut dalam mewujudkan Sulsel yang aman dan kondusif," kata dia.

Kehadiran Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno, kata dia, menjadi suasana dan semangat baru. Ia pun berharap peran Kodam XIV Hasanuddin senantiasa dalam melayani dan pengabdian ke masyarakat. 

"Anggap Sulawesi Selatan sebagai rumah sendiri untuk bekerja jauh lebih baik ke depan. Mudah-mudahan dengan team work bersama untuk memberikan solusi terbaik ke depan," imbuhnya.

Sementara itu, Mayjen TNI Andi Sumangerukka menyampaikan kesan dan pesan selama menjabat sebagai Pangdam XIV Hasanuddin sekitar 1 tahun 3 bulan atau sejak Januari 2020 lalu. Mayjen TNI Andi Sumangerukka digeser menjadi Pati Mabes TNI AD, sekaligus dalam rangka pensiun.

"Saya pertama kali bertugas sebagai Pangdam XIV Hasanuddin, berkomitmen untuk mencurahkan segenap tenaga dan pikiran demi Kodam XIV Hasanuddin. Dalam kondisi pandemi Covid-19, kita telah melewati berbagai tantangan bersama, kami terus menjalin sinergitas dengan Pemerintah Daerah dalam upaya penanggulangan Covid-19 dan bencana alam," ujarnya.

Dirinya meyakini di bawah kepemimpinan Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno sebagai Pangdam XIV Hasanuddin baru bisa menjadikan lebih baik. "Beliau jauh lebih muda dan energik. Kami berharap sinergitas antara Kodam XIV Hasanuddin dan Pemerintah Daerah dalam membangun Kodam XIV Hasanuddin semakin baik dan maju," ungkapnya.

Salah satu upaya dilakukan Kodam XIV Hasanuddin bersama Pemprov Sulsel dalam upaya menekan penyebaran Covid-19. Dimana sebelumnya angka penyebaran (positif rate) tinggi, namun mengalami kemajuan dengan penurunan angka positif.

"Hal ini dapat diraih berkat kerja sama Pemerintah Daerah dan stakeholder serta dukungan dari masyarakat. Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bapak Gubernur dan segenap unsur Forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan segenap instansi/unsur terkait di Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara atas dukungan dan kerja samanya. Kami berharap dukungan dan kerja sama ini agar terus berlanjut bersama bapak Pangdam XIV Hasanuddin baru," tuturnya.

Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Daerah XIV/Hasanuddin, memperkenalkan diri. Ia sebelumnya menjabat Pa Sahli Tingkat III Bidang Komsos Panglima TNI. 

"Kami mohon doa restu dari para hadirin serta masyarakat Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara untuk melaksanakan tugas dan pengabdian kami kepada bangsa dan negara. Dengan dukungan dan bantuan dari prajurit TNI Kodam XIV Hasanuddin, kami bertekad untuk berupaya sekuat tenaga bisa menyamai oleh bapak Mayjen TNI Andi Sumangerukka," ucapnya.