Plt Gubernur Sulsel Resmikan Jalan di Daerah Terisolir Luwu

Pemkab Luwu akan membangun kawasan Agro wisata di daerah tersebut.

Plt Gubernur Sulsel Resmikan Jalan di Daerah Terisolir Luwu
Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman bersama Bupati Luwu, Basmin Mattayang saat meresmikan jalan rintisan di Kecamatan Latimojong, Sabtu (27/3/2021). (Foto: Diskominfo Sulsel)

KABAR.NEWS, Makassar - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman meresmikan sebuah Jalan Kadundung, Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu, Sabtu (28/3/2021). Jalan Kadundung sebelumnya merupaka penghubungan daerah terisolir di Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu. 

Andi Sudirman mengatakan jalan diresmikan ini sebelumnya daerah terisolir dan hanya bisa dilalui kendaraan Off Road. Untuk tarif menggunakan kendaraan Off Road, warga harus merogoh kocek minimal Rp 100 ribu.

"Wilayah terisolir di Kabupaten Luwu ini contohnya, sudah kita buka dengan anggaran yang tidak banyak sekitar Rp25 miliar kalau tidak salah. Dan bisa langsung tepat sasaran ke masyarakat kita yang sudah turun temurun tinggal di sini," ujarnya melalui keterangan tertulisnya kepada KABAR.NEWS, Minggu (28/3/2021). 

Setelah dilakukan pengerasan jalan, selanjutnya akan dilakukan pengerjaan secara bertahap. Sehingga, adek mantan Menteri Pertanian Amran Sulaiman ini, meminta kepada masyarakat untuk lebih bersabar terhadap kelanjutan pembangunan jalan tersebut karena masih ada daerah-daerah lainnya yang terisolir yang harus menjadi prioritas pembangunan.

"Setelah pengerasan ini harapannya perlu stimulan harus diaspal segera. Kita mengunci tiga tahun kedepan ada pengerjaan lanjutan. Tapi tentu kita harus melihat aspek prioritas terlebih dahulu. Kita ranking ada prioritas satu, prioritas dua, dan prioritas tiga," tegasnya.

Pada kesempatan itu, Andi Sudirman Sulaiman juga melakukan penanaman pohon untuk pencanangan kawasan Agro Wisata Latimojong, Mengaku sangat tepat dibangun Kawasan Agro Wisata karena kondisi alamnya yang cukup bagus.

"Kawasan  lereng gunung Latimojong ini sangat tepat dibangun Kawasan Agro Wisata karena kondisi alamnya yang cukup bagus. Penanaman pohon untuk pencanangan kawasan Agro wisata tersebut dilakukan sebagai upaya pelestarian lingkungan alam," ucapnya

Ia juga meminta masyarakat agar tidak memotong pohon demi kelestarian alam.

"Jadi nanti kalau pohonnya sudah besar, jangan ada yang memotong pohon tersebut, ini juga demi kelestarian alam yang bisa dinikmati anak cucu kita," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Luwu, Basmin Mattayang berharap pembangun jalan yang telah diresmikan ini bisa terus dilanjutkan.

"Kita semua berharap pembangunan jalan tidak berhenti sampai disini tapi dilanjutkan dengan peningkatan status. Pasalnya jika hanya pengerasan, maka ada kualitas jalan yang baru diresmikan. Sehingga dampak  perekonomian daerah lebih maksimal dirasakan," imbuhnya.

Ia juga menyampaikan rasa terima kasihnya terhadap Pemprov khususnya kepada Andi Sudirman, atas bantuan anggaran untuk pembukaan jalan rintis dan pengerasan jalan Kadundung, Kecamatan Latimojong sepanjang 25 kilometer.

Menurutnya, dengan telah dilakukannya pengerasan jalan tersebut, maka sebanyak lima ribu enam ratus lebih jiwa merasakan kebahagiaan karena sudah bisa lebih mudah mengakses jalan di daerahnynya dan akan meningkatkan nilai indeks secara optimal.

"Dengan pembangunan jalan ini nilai indeks masyarakat akan meningkat secara optimal. Untuk itu saya  mewakili masyarakat kecamatan Latimojong ucapkan terima kasih banyak," ucapnya.

Penulis: Darsil Yahya/C