Skip to main content

Pj Walikota: Tradisi Adat Kerajaan Tallo Aset Bangsa

Pj Walikota: Tradisi Adat Kerajaan Tallo Aset Bangsa
Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb. (Int)

KABAR.NEWS, Makassar - Kerajaan Tallo merupakan kerajaan suku Makassar yang ada di Sulawesi Selatan. Kerajaan yang keberadaannya begitu tersohor, memiliki hubungan politik yang erat dengan Kesultanan Gowa.

 

Namun seiring perjalanan waktu, sejarah Tallo kian memudar dan sejarahnya perlahan terabaikan. Menyadari kondisi tersebut, Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb berharap agar Tallo dapat kembali berjaya seperti dahulu dan menjadi catatan masa lalu yang harus dipertahankan. 

 

Hal ini disampaikannya saat menghadiri malam syukuran kemerdekaan RI ke 74 di kelurahan Tallo, kecamatan Tallo, Selasa (20/8/2019) malam.

 

"Dengan semangat kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia mari kita bersama kembalikan kejayaan kerajaan Tallo. Mengajarkan arti sejarah ke anak cucu agar jiwa patriotisme senantiasa terpatri dalam jiwa anak bangsa," ungkap Iqbal.

 

Malam syukuran dengan konsep meriah ini diawali dengan kunjungan Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb didampingi Ketua TP PKK Kota Makassar Murni Djamaluddin Iqbal mengeliingi stand yang sudah diisi kerajinan tangan dari warga Tallo.

 

Selain itu di malam puncak yang menyatukan para warga se-kecamatan Tallo ini juga diserahkan penghargaan kepada Satgas Kebersihan Tallo. 

 

Camat Tallo Andi Zainal Takko mengatakan ini bukan sekedar perayaan semata namun juga sekaligus pameran dan pemberian apresiasi bagi Satgas Kebersihan Tallo.

 

"Acara ini dibuat selain agar warga tetap kompak, diisi juga dengan pameran hasil karya yang dilakukan masyarakat Tallo. Bukan itu saja, penghargaan kepada Satgas Kebersihan juga kami berikan," pungkasnya.

 

Di akhir acara, Pj Wali Kota Makassar bersama Ketua TP PKK Kota Makassar dan warga melakukan foto bersama. 

  • Andi Frandi

 

loading...