Pinjaman Lunas, Jaminan Nasabah Pegadaian Sinjai Tak Jelas Keberadaannya

- Dipimpong dari Unit Bikeru ke Pegadaian Cabang Sinjai

Pinjaman Lunas, Jaminan Nasabah Pegadaian Sinjai Tak Jelas Keberadaannya
Kantor Pegadaian Cabang Sinjai. (KABAR.NEWS/ Sinjai).

KABAR.NEWS, Sinjai - Pelayanan PT Pegadaian (Persero) Unit Bikeru, Kabupaten Sinjai, Sulsel, dikeluhkan salah satu nasabahnya berinsial MA (41).


Keluhan itu datang setelah MA melakukan pelunasan angsuran dan pinjaman pada tanggal 3  November 2020, namun pihak Pegadaian Bikeru belum memberikan jaminannya.


"Saya heran, biasanya, begitu pinjaman telah dinyatakan lunas maka jaminan langsung diserahkan ke Nasabah dengan melengkapi berkas administrasi, seperti foto copy KTP," ujar MA di Sinjai, Kamis (5/11/2020).


Warga Kelurahan Sangiasseri, Kecamatan Sinjai Selatan itu mengaku telah meminta jaminan barang miliknya ke pihak Pegadaian Unit Bikeru.

Tapi, perusahaan pelat merah ini berdalih bahwa jaminan berupa BPKB Kendaraan itu berada di kantor Pegadaian Cabang Sinjai sehingga dibutuhkan beberapa hari untuk mengurusnya.


"Jadi setelah saya melakulan pelunasan, saya diminta untuk datang lagi besoknya di kantor Unit Bikeru tapi lagi-lagi Jaminan ku belum dikembalikan, dengan alasan masih di proses di kantor cabang, jadi saya diminta datang lagi esok harinya, tapi lagi-lagi jaminan itu belum juga ada," jelasnya.


Menanggapi hal itu, salah satu pegawai Pegadaian Cabang Sinjai yang ditemui di kantornya meminta maaf atas kejadian tersebut. 


Dia juga belum bisa memberikan penjelasan secara detail karena itu bukan bagian dari tugasnya dan pimpinan Pegadaian Cabang Bikeru tidak berada di tempat.


"Mohon maaf pak, karena pimpinan cabang kami lagi cuti jadi kami tidak bisa memberikan penjelasan lebih detail, namun apa yang menjadi keluhannya Nasabah itu akan dikomunikasikan ke Unit Bikeru dan Bagian Mikro," katanya.


Penulis: Syarif/B