Pimpin Apel Siaga Bencana, Ini Kata Bupati Jeneponto 

Digelar di Halaman Mapolres Jeneponto

Pimpin Apel Siaga Bencana, Ini Kata Bupati Jeneponto 
Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar bertindak selaku inspektur pada apel pasukan dalam rangka kesiagaan menghadapi bencana alam di Jeneponto. (ist)

KABAR.NEWS, JENEPONTO - Aparat gabungan dari TNI/Polri dan Pemerintah Kabupaten Jeneponto menggelar apel pasukan dalam rangka kesiagaan menghadapi bencana alam. Apel gelar pasukan dilaksanakan di halaman Mapolres Jeneponto, Jalan Sultan Hasanuddin, Kecamatan Binamu, Minggu (15/11/2020) pagi.

Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar bertindak selaku inspektur pada apel tersebut. Dalam sambutannya, Iksan Iskandar menyampaikan, bahwa bencana akibat alam maupun bencana akibat ulah manusia secara langsung akan menghambat kelancaran roda pembangunan.

Sehingga upaya pencegahan dan penyalahgunaan bencana merupakan tugas bersama dari seluruh lapisan masyarakat. Olehnya karena itu, penanggulangan bencana memerlukan suatu persamaan persepsi pemahaman yang jelas dan langkah yang terencana dan terintegrasi.

"Untuk itu kita patut menyambut baik gagasan pelaksanaan acara ini dengan harapan adanya hubungan empiris yang dapat meningkatkan kualitas dan keahlian para Pasukan siaga bencana alam termasuk upaya peningkatan ketersediaan infrastruktur berupa peralatan dan perlengkapan tanggap bencana yang layak dan memadai," ujar dalam keterangan tertulis.

Ia berharap, tanggap darurat bencana ini dapat dilaksanakan secara terpadu dan berkesinambungan."Kegiatan pembinaan bagi para pasukan tanggap bencana membentuk tenaga inti penanggulangan bencana yang tertatih cerdas dan tangkas dan tangguh yang berbasis masyarakat,"imbuhnya.

Kata Iksan, Kabupaten Jeneponto merupakan salah satu daerah di bagian Selatan yang sering dilanda bencana. Iksan menyebut, Jeneponto pernah mengalami bencana banjir bandang, angin kencang, dan akhir-akhir ini kerap terjadi kebakaran rumah warga. 

Selain bencana alam, tutur Iksan, Jeneponto baru-baru ini mendapat musibah yakni terbakarnya pasar Karisa sebagai sentral perekonomian masyarakat Jeneponto."Kebakaran yang melanda Pasar Sentral Karisa beberapa waktu lalu sebagai pusat aktivitas perdagangan perekonomian patut kita tangani dengan baik untuk merumuskan bersama solusi yang tepat," ungkapnya.

Melalui apel ini, sebut Iksan, diharapkan bisa melihat kekurangan yang dimiliki. Apa saja yang masih perlu dibenahi dan dipenuhi untuk mendukung penanggulangan bencana. Sekaligus konsolidasi antar pihak terkait dalam membangun sinergitas dan kesamaan persepsi.

"Hasil pelaksanaan apel ini diharapkan satuan penanggulangan bencana mampu bergerak cepat, tepat dan efisien baik pada saat siaga maupun tanggap darurat. Kita harap bencana ini bisa dicegah sedini mungkin. Dan apa yang harus dilakukan pada saat terjadinya bencana tersebut," pungkasnya.


Penulis: Akbar Razak/B