Pilkada Takalar Diprediksi Tetap Dinamis Tanpa Syamsari Kitta

Menurut dua pengamat

Pilkada Takalar Diprediksi Tetap Dinamis Tanpa Syamsari Kitta
Bupati Kabupaten Takalar, Syamsari Kitta. (Foto: Instagram/syamsarikitta)






KABAR.NEWS, Makassar - Pilkada Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan pada 2024 mendatang diprediksi akan berlangsung dinamis meski tanpa diikuti petahana Bupati Takalar Syamsari Kitta.


Prediksi itu datang dari Direktur Utama Analisis Data Nusanta, Muhammad Rhesa. Menurutnya, saat ini sudah mengemuka isu bahwa Syamsari tidak akan maju pada Pilkada Takalar 2024. 


"Walaupun ada petahana wakil bupati Haji Ahmad Daeng Sere yang kemungkinan maju, namun kekuatan H. Dede (panggilan akrab Wabup) tidak sekuat SK selaku bupati," kata Rhesa dalam keterangan tertulis, Kamis (8/7/2021).


Rhesa berpendapat perhatian publik akan mengarah ke figur lain apabila Syamsari memang benar-benar tak mencalonkan di Pilkada Takalar. Artinya menurut Rhesa, Pilkada takalar diprediksi akan berlangsung dinamis.


Selain itu, jika Pilkada Takalar tanpa Syamsari Kitta, maka membuka peluang figur lain untuk bertarung. Rhesa menyebut nama-nama seperti Fahruddin Rangga, Firdaus Daeng Manye, Ahmad Daeng Sere, Hengky Yasin dan Ahmad Daeng Tonang.


Sementara itu, Direktur Eksekutif PT Indeks Politica Indonesia (PT IPI) Suwadi Idris Amir mengatakan, Pilkada Takalar akan tetap dinamis baik Syamsari maju atau tidak lagi.


"Sebab Syamsari bukan petahana yang tergolong sangat kuat, tampak dari tidak adanya gebrakan signifikan yang dilakukan selama memimpin, ditambah lemahnya komunikasi ke jejaring yang memenangkannya di periode pertama," kata Suwadi.


Sekali pun Syamsari kembali maju, namun menurut Suwadi, Ketua Partai Gelora Sulsel itu masih sangat potensial dikalahkan lawan-lawannya. Apalagi jika yang maju bersatu untuk berkoalisi melawan Syamsari tentu semakin terbuka Takalar akan dipimpin Bupati baru 2025-2030 nanti.


"Figur seperti Firdaus Daeng Manye, Fahruddin Rangga atau Burhanuddin Baharuddin, Ahmad Daeng Sere, adalah figur-figur yang berpotensi melawan dan mengalahkan Syamsari jika maju kembali," tandas Suwadi.