Piala AFF: Timnas Indonesia Pesta Gol ke Gawang Laos

Raih kemenangan kedua

Piala AFF: Timnas Indonesia Pesta Gol ke Gawang Laos
Para pemain Timnas Indonesia melakukan selebrasi usai Asnawi Mangkualam mencetak gol ke gawang Laos pada pertandingan grup B Piala AFF di Stadion Bishan, Singapura, Minggu (12/12/2021). (Foto: PSSI)






KABAR.NEWS, Makassar - Timnas Indonesia memetik poin penuh pada pertandingan kedua grup B Piala AFF melawan Timnas Laos di Stadion Bishan, Singapura, Minggu (12/12/2021).


Evan Dimas dan kawan-kawan berhasil mencukur Laos dengan skor telak 5-1. Timnas Indonesia memang bermain menekan sejak menit-menit awal.


Indonesia membuka keran gol melalui tendangan penalti pada menit ke-23. Wasit menunjuk titik putih setelah Edo Febriansyah dijatuhkan pemain Laos. 


Asnawi Mangkualam yang menjadi algojo tendangan penalti sukses menyarangkan bola ke pojok kanan gawang Laos. Skor 1-0 untuk keunggulan Garuda.


Menit ke-34, Indonesia menggandakan skor menjadi 2-0 lewat gol yang diciptakan Irfan Jaya setelah memanfaatkan umpan crossing Asnawi dari sisi kiri pertahanan Laos.


Empat menit jelang turun minum, Laos memperkecil kedudukan menjadi 2-1 berkat sepakan keras Kydavone Souvanny.  


Usai jeda, pelatih Timnas Indonesia Shin-Tae Yong memasukkan dua pemain sekaligus yakni Elkan Baggot mengganti gelandang Rachmat Irianto dan Kushedya Hari Yudo diganti Witan Sulaeman.


Perubahan taktik Shin berbuah positif. Tak cukup sepuluh menit berada di dalam lapangan, Witan menambah keunggulan Garuda menjadi 3-1 tepatnya menit ke-55. Umpan mendatar Irfan Jaya dikonversi oleh Witan dengan sepakan kaki kiri yang menghujam gawang Laos.


Unggul secara skor tak mengendurkan serangan Indonesia tapi justru semakin agresif. Evan Dimas dan kawan-kawan terus membombardir jantung pertahanan Laos. 


Ezra Walian yang masuk mengganti Dedik Setiawan pada menit 71, berhasil menambah gol Indonesia. Pemain naturalisasi tersebut mencatatkan namanya di papan skor menit ke-77 setelah memanfaatkan umpan Witan Sulaeman.


Pesta gol Indonesia ke gawang Laos sekaligus menjadi gol pamungkas pada pertandingan ini ditorehkan oleh Evan Dimas pada menit 84. Sang kapten memaksa kiper lawan memungut bola setelah meneruskan umpan indah Alfeandra Dewangga.


Kemenangan 5-1 atas Laos membawa Timnas Indonesia untuk sementara memimpin klasemen grup B Piala AFF, dengan jumlah 6 poin, menggeser Malaysia yang pada malam ini bersua Vietnam.