Petugas Tak Temukan Narkoba dan HP dari Penggeledahan di Rutan Bantaeng

Menindak lanjuti instruksi Kanwil Kemenkumham

Petugas Tak Temukan Narkoba dan HP dari Penggeledahan di Rutan Bantaeng
Penggeledahan Narapidana di Rutan Bantaeng, Rabu (26/8/2021). (IST)






KABAR.NEWS, Bantaeng - Petugas sipir Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, menggeledah sejumlah narapidana untuk mencari handphone dan narkoba.


Penggeledahan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Rutan Kelas II B Bantaeng, Ince Muh.Rizal didampingi Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Amir, Rabu (25/8/2021) kemarin.


Rizal mengatakan, pengeledahan itu untuk menindaklanjuti arahan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulsel, Harun Sulianto.


"Terkait pelaksanaan deteksi dini pada seluruh area Lapas dan Rutan demi mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di tengah masa Pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung hingga saat ini," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima KABAR.NEWS, Kamis (26/8/2021).


Dia mengatakan penggeledahan tersebut dimulai dari Blok A (kamar 4), blok B (kamar 6 dan 7), dan Blok C (kamar 14) dengan sasaran untuk menyita barang-barang terlarang seperti narkoba, handphone dan sejenisnya juga beberapa barang yang kiranya memiliki potensi untuk menimbulkan gangguan kamtib. 


"Tetap patuhi protokol kesehatan. Saat melakukan penggeledahan, usahakan agar pakaian warga binaan tetap pada tempatnya dan tidak dibuang ke sana ke mari," jelasnya.


Selain bertujuan untuk memberantas peredaran narkoba dan sejenisnya di masa pandemi Covid-19, razia ini juga memiliki fungsi untuk meminimalisir terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban. 

"Jika terdapat barang selain narkoba dan dianggap memiliki potensi jika terjadi gangguan kamtib, beri alasan kepada warga binaan kenapa barang tersebut disita serta diperingatkan untuk tidak membawa barang tersebut lagi kedalam Lapas dan Rutan," ungkapnya.


Dia menambahkan bahwa demi mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus corona pada Rutan Kelas II B Bantaeng, seluruh bentuk kegiatan pada penggeledahan ini telah memenuhi semua standar protokol kesehatan Covid-19. 


"Berdasarkan hasil penggeledahan yang dilaksanakan, tidak ditemukan satupun barang-barang terlarang seperti narkoba, handphone dan sejenisnya," pungkasnya.


Penulis: Akbar Razak/C