Petugas Puskesmas Togo-togo Jeneponto Periksa Ibu Hamil di Bawah Pohon

Kondisi tersbeut karena tidak adanya ruangan perawatan karena sedang dalam tahap renovasi.

Petugas Puskesmas Togo-togo Jeneponto Periksa Ibu Hamil di Bawah Pohon
Petugas Puskesmas Togo-togo, Jeneponto terpaksa melakukan pemeriksaan ibu hamil di bawah pohon karena tidak adanya ruangan. (Foto: KABAR.NEWS/Akbar Razak)






KABAR.NEWS, Jeneponto - Sejumlah warga hendak berobat ke Puskesmas Togo-Togo, Kecamatan Batang, Kabupaten Jeneponto, Sulsel, terpaksa harus mendapatkan pelayanan di bawah pohon oleh petugas medis. Kegiatan tak layak itu terpaksa dilakukan lantaran tidak adanya bangunan sementara untuk dipakai, karena saat ini tengah direnovasi.

Tidak adanya bangunan sementara itu tentunya sangat ironis, karena letak kegiatan puskesmas persis di depan kantor kecamatan dan koramil. Dari pantauan KABAR.NEWS dilokasi, Senin (3/5/2021), petugas melakukan pelayanan dibawa pohon sejak pukul 8.00 sampai 14.00 Wita.

Nampak seorang ibu hamil menjalani pemeriksaan kandungan oleh dokter. Hanya beralaskan tirai untuk menutupi ibu hamil tersebut diperiksa.

Kepala Puskesmas Togo-togo, Imran Rosady mengatakan tak adalah lokasi membuatnya engga bisa berbuat banyak. Ia mengaku, bahwa lokasi yang saat ini digunakan cukup berbahaya bagi petugas medis dan pasien.

"Kita melakukan pelayanan ini karena urgen. Sebenarnya sangat berisiko sekali cuma apa boleh," ujarnya saat ditemui di lokasi pelayanan.

Ia mengaku kondisi tersebut terjadi sudah tiga minggu. Lebih tepatnya sejak bulan ramadan ini pelayanan di bawah pohon dilakukan dengan menggunakan fasilitas medis yang ada.

"Jadi pasien rawat jalan, pasien persalinan, pasien untuk konsultasi, gizi dan imunisasi. Untuk saat ini rawat inap kita tiadakan dan persalinan kita arahkan ke puskesmas terdekat," pungkasnya.

Penulis: Akbar Razak/B