Pesan Natal 2021 Paus Fransiskus: Perhatikan Orang Miskin dan Kesederhanaan Yesus

*Meminta jangan eksploitasi buruh

Pesan Natal 2021 Paus Fransiskus: Perhatikan Orang Miskin dan Kesederhanaan Yesus
Paus Fransiskus memimpin Misa Natal di Basilika Santo Petrus, Vatikan, Jumat (24/12/2021) malam WIB. (Foto: Reuters/Guglielmo Mangiapane)






KABAR.NEWS, Makassar - Paus Fransiskus mengingatkan umat kristiani di seluruh dunia untuk memperhatikan orang-orang miskin dan mengilhami kesederhanaan hidup Yesus Kristus sebagai pesan perayaan Natal tahun 2021.


Pesan itu disampaikan Paus pada malam misa Natal secara terbatas yang diikuti kardinal, uskup, dan imam di Basilika Santo Petrus, Vatikan, Jumat (24/12/2021) malam WIB.


Menurut Paus yang berusia 85 tahun, orang-orang yang acuh tak acuh terhadap orang miskin sama saja telah menghina Tuhan. Dia mendesak semua pihak untuk memberikan perhatian kepada kelompok misikin "melampaui semua lampu dan dekorasi".


“Pada malam cinta ini, semoga kita hanya memiliki satu ketakutan yaitu menyinggung cinta Tuhan, (tidak) menyakitinya dengan memandang rendah orang miskin dengan ketidakpedulian kita. Yesus sangat mencintai mereka (orang miskin, red) dan suatu hari mereka akan menyambut kita di surga," kata Paus dikutip dari Reuters, Sabtu (25/12/2021).


Paus mengatakan, Yesus lahir dalam kemiskinan dan hidup dengan kesederhanaan. Oleh karena itu dia mengingatkan kepada jemaahnya bahwa melayani orang lain lebih penting daripada mencari status, visibilitas sosial atau menghabiskan seumur hidup untuk mengejar kesuksesan. 


“Di dalam mereka (orang miskin, red) dia (Yesus) ingin dihormati,” kata Fransiskus, yang telah menjadikan pembelaan orang miskin sebagai landasan kepausannya.


Dia mengutip sebaris puisi karya Emily Dickinson - "Siapa yang telah menemukan surga - di bawah - Akan gagal di atas" dan menambahkan dengan kalimatnya sendiri.


"Janganlah kita kehilangan pandangan tentang surga; marilah kita merawat Yesus sekarang, membelai dia pada orang yang membutuhkan, karena di dalamnya dia membuat dirinya dikenal."


Selain itu, pada malam Misa Natal 2021, Paus juga meratapi tentang eksploitasi tenaga kerja di seluruh dunia. Paus Fransiskus mengatakan tenaga kerja harus memiliki martabat dan meratapi banyak orang meninggal dalam kecelakaan kerja di seluruh dunia.


"Pada hari Kehidupan, mari kita ulangi: tidak ada lagi kematian di tempat kerja! Dan mari kita berkomitmen untuk memastikan ini," katanya.