Pesan Bupati Jeneponto Momen Hari Pers Nasional

Bupati Jeneponto meminta kepada jurnalistik untuk memerangi informasi hoaks.

Pesan Bupati Jeneponto Momen Hari Pers Nasional
Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar. (Foto: Humas Pemkab Jeneponto)






KABAR.NEWS, Jeneponto - Jelang peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-75, Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar menyampaikan harapan pers. Bagik Iksan, pers adalah membentuk masyarakat demokratis.  

Menurutnya, insan pers bertugas di Jeneponto ini sangat membantu pemerintah dalam memberikan informasi terhadap persoalan masyarakat dan kinerja-kinerja pemerintah djalankan selama ini.

"Pers merupakan salah satu wadah ekspresi rakyat, tempat komunikasi, dan pengawasan rakyat dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan negara. Fungsi pers di suatu negara menjadi hal penting untuk membentuk masyarakat yang demokratis," ujarnya kepada KABAR.NEWS, Senin (8/2/2021). 

Sebagai bupati, ia mempersilakan kepada jurnalis untuk melakukan kritikan kepada pemerintah, asalkan membangunkan dan sesuai kaidah jurnalistik yakni berimbang dan konfirmasi kepada narasumber. 

"Mari jadikan pers sebagai teman yang membantu kita dalam memberitakan dengan tetap berpedoman pada fakta dan data yang aktual dan bisa dipertanggung jawabkan bukan hoaks," ungkapnya. 

Dirinya juga mengimbau kepada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Jeneponto untuk tidak pelit dengan informasi dan selalu siap melayani pekerja pers hendak membutuhkan informasi akan disampaikan ke publik.

Ia berharap kepada insan pers di Jeneponto untuk turut memerangi informasi hoaks yang memecah belah kan masyarakat dan menimbulkan kegaduhan yang tidak diinginkan. 

"Setiap melaksanakan tugasnya, pers terikat dengan tata nilai sosial yang berlaku dalam masyarakat serta undang-undang pers nomor 40 tahun 1999," kata dia.

"Selamat Hari Pers Nasional 2021 bagi seluruh insan pers," ucapnya.

Penulis: Akbar Razak/B