Persib Tak Menyangka Dibantai PSM, Jupe: Ini Memalukan

* Mental pemain Persib langsung down setelah gol pertama PSM

Persib Tak Menyangka Dibantai PSM, Jupe: Ini Memalukan
Asisten Pelatih Persib Bandung Budiman (kiri) dan Kapten tim Achmad Jufriyanto. (KABAR.NEWS/Arya Wicaksana)






KABAR.NEWS, Parepare - Asisten pelatih Persib Bandung, Budiman, tidak menyangka timnya jadi bulan-bulanan PSM Makassar dalam pertandingan pekan ketujuh Liga 1.


Berlaga di Stadion Gelora BJ Habibie, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Senin (29/8/2022) malam WITA, tim Maung Bandung menelan kekalahan telak 5-1 oleh PSM. 


Gol kemenangan PSM diborong oleh Yakob Sayuri (3', 50'), Ramadhan Sananta (18', 44') dan Wiljan Pluim pada menit 64. Gol penghibur Persib dicetak oleh Marc Klok menit 31.


Budiman menyebut kekalahan timnya karena gol cepat yang diciptakan PSM. Hal itu menyebabkan mental pemain Persib langsung down.


"Pertandingan ini, saya tidak menyangka akan kebobolan dengan lima gol. Intinya gol cepat pada menit ketiga membuat down mental anak-anak sehingga sulit mengembangkan permainan," ujar Budiman pada konferensi pers usai pertandingan.


"Ini di luar ekspektasi saya, ini evaluasi buat saya. Mental anak-anak down dengan gol cepat PSM," tambah Budiman.


Pendapat yang sama disampaikan kapten Persib, Achmad Jufriyanto atau Jupe. Pemain 35 tahun tersebut merasa kekalahan telak 5-1 dari PSM merupakan sesuatu yang memalukan.


"Kami sebagai pemain meminta maaf atas hasil buruk yang terjadi hari ini. Selama saya berkarir di Persib, ini merupakan kekalahan terbesar dan bagi saya pribadi ini memalukan," kata Jupe.


"Sebagai pemain profesional kita tidak boleh berada dalam situasi ini. Kita harus bangkit untuk pertandingan selanjutnya. Harus introspeksi apa yang terjadi dalam tim," katanya.


Kekalahan dari PSM membuat tim Pangeran Biru turun ke peringkat 13 dengan torehan 7 poin, hasil dari dua kemenangan, sekali imbang dan empat pertandingan berakhir kalah.


Sementara PSM menjadi satu-satunya tim Liga 1 yang belum terkalahkan hingga pekan ketujuh. Tiga poin dari Persib membawa tim asuhan Bernardo Tavares naik ke peringkat ketiga klasemen dengan jumlah 16 poin.