Persiapan Debat Kandidat Pilwali Makassar Sudah 95 Persen

Sisanya 5 persen menunggu kehadiran seluruh peserta

Persiapan Debat Kandidat Pilwali Makassar Sudah 95 Persen
Pilkada Serentak






KABAR.NEWS, Jakarta - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Makassar mengungkapkan jika persiapan pelaksanaan debat kandidat perdana pemilihan Wali Kota Makassar dan Wakil Wali Kota Makassar. 95 Persen sudah siap.

Hal itu diungkapkan oleh Komisioner KPU Kota Makassar Divisi SDM dan Parmas, Endang Sari kepada awak media melalui rilisnya, Sabtu (7/11/2020).

"Untuk teknisnya sendiri persiapan debat. Sudah 95 persen. Sisanya 5 persen menunggu kehadiran seluruh peserta," kata Endang Sari.

KPU Kota Makassar sendiri juga tengah mempersiapkan berbagai hal demi kelancaran kegiatan tersebut, salah satunya adalah menyiapkan fasilitas nonton bareng melalui virtual atau nobar di luar gedung arena debat, dan sisi keamanan yang tetap harus kondusif.

Bahkan demi kenyamana dan kenyamanan bersama. Pihak KPU sebagai penyelenggara sudah berkoordinasi dengan pihak statiun TV untuk melakukan pembatasan personil yang boleh hadir.

Tak hanya itu, undangan di dalam studio sesuai yang tercantum di PKPU, kemudian di luar studio (dalam ruang gedung) adalah sebagian staf dari KPU Makassar dan Bawaslu  yang bertugas terkait administrasi dan 4 orang tim dari tiap Paslon. 

"Undangan tak diperbolehkan membawa APK atau bahan kampanye, tidak melakukan yel-yel karena bisa mengganggu jalanya debat," bunyi isi PKPU disampaikan Endang.

Ia juga mengatakan bahwa setiap peserta yang akan memasuki gedung menara kompas akan diperiksa ID, dan surat hasil pemeriksaan covid (rapid test).

"Keamanan, sebagian staf KPU dan Bawaslu, di sekitar gedung Kompas TV," pungkasnya.

Debat publik Pilwalkot Makassar tahap pertama mengusung tema  "Sosial budaya Keamanan,  pendidikan, transportasi, lingkungan, dan Toleransi" dan akan dilaksanakan pukul 19.00-21.30 WIB Live di Kompas TV.

Adapun kelima panelis itu masing-masing yakni Prof Arismunandar (mantan Rektor UNM dan anggota Badan Akreditasi Sekolah/Madrasah Kemendikbud), Prof Jamaluddin Jompa (Direktur Pascasarjana Unhas) dan Prof Sakti Adji Adisasmita (Ketua Prodi S3 Teknik Sipil Unhas).

Selanjutnya, ada juga Prof Arifuddin Ahmad (Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama Kota Makassar dan mantan Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Makassar) dan Aslan Abidin (Dosen Fakultas Sastra dan Bahasa UNM). 

Diketahui, ada empat pasangan calon yang telah ditetapkan KPU Makassar, kini akan beradu visi-misi di arena debat adalah  Mohammad Ramdhan Pomanto - Fatmawati Rusdy, Munafri Arifuddin - Abdul Rahman Bando, Syamsu Rizal - Fadli Ananda dan Irman, Yasin Limpo - Andi M Zunnun Nurdin Halid.

Penulis : Darsil Yahya/B