Perseroda Sulsel Siap Jadi Operator Kereta Api Makassar-Parepare

* PT SCI sudah melakukan komunikasi dengan Kemenhub dan PT KAI

Perseroda Sulsel Siap Jadi Operator Kereta Api Makassar-Parepare
Direktur Utama Perseroda Sulsel Yasir Machmud (kanan depan) mendampingi pihak KAI dan Kemenhub meninjau proyek Kereta Api Trans Sulawesi. (IST/HO)






KABAR.NEWS, Makassar - PT Sulsel Citra Indonesia (Perseroda) menyatakan kesiapan sebagai pengelola kereta api (KA) rute Kota Makassar-Parepare yang digadang-gadang mulai beroperasi pada Juli 2022.


Direktur Utama PT SCI Yasir Machmud mengatakan, pihaknya akan mempersiapkan segala ketentuan untuk mengelola KA Sulsel. Termasuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) dan status hukum Perseroda.


"Karena secara kelembagaan PT. SCI telah berubah dari Perusda ke Perseroda sebagai BUMD yang sudah tentu telah kami persiapkan SDM yang berpengalaman dan profesional dalam pengelolaan nantinya," terang Yasir.


Dia berharap besar bisa dilibatkan sebagai operator kereta api Makassar - Parepare. Peluang ini menurutnya penting untuk mengakselerasikan pertumbuhan ekonomi.


"Kami tidak akan melepaskan peluang ini karena KA ini beroperasi di wilayah Sulawesi Selatan dan kami mengenal betul bagaimana karakter dan minat masyarakat terhadap KA tersebut," kata Yasir Machmud dalam keterangan tertulis, Jumat (24/12/2021).


Sebagai bentuk keseriusan tersebut, PT SCI sudah melakukan segala upaya penjajakan dengan berbagai pihak termasuk Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan PT Kereta Api Indonesia (KAI). 


SCI juga mempersiapkan administrasi yang diperlukan sebagai bukti keseriusan mengikuti proses pemilihan sebagai operator KA Perintis tersebut.


Dia berharap, Menteri Perhubungan dan PT. Kereta Api Indonesia (KAI) sebagai pemilik kewenangan agar memberikan peluang kepada PT. SCI dalam pengelolaan KA Sulsel.


"InshaAllah kami akan bertanggung-jawab terhadap amanah tersebut dan segala hal berkaitan dengan persyaratan dan ketentuan hukum atas pengelolaannya akan kami pertanggung jawabkan," tandas Yasir.


Sebelumnya, pada Oktober 2019 Gubernur Sulsel mengirimkan surat pernyataan minat sebagai Operator KA Makassar-Pare melalui BUMD Sulsel dalam hal ini PT SCI (Perseroda Sulsel) yang dulunya adalah Perusda Sulsel. 


Bulan Agustus 2021 Direksi PT. SCI kembali melakukan pertemuan dengan Dirjen Perkeretaapian Zulfikri, bersama Direktur Lalu Lintas dan Angkutan KA Danto Restyawan, sebagai bagian dari kesiapan dan keseriusan BUMD menjadi operator KA Makassar - Parepare.