Permintaan Nasdem ke Pj Gubernur Sulsel: Tuntaskan Utang, Netral Pemilu

* Juga diminta pikirkan dan atasi dampak El Nino

Permintaan Nasdem ke Pj Gubernur Sulsel: Tuntaskan Utang, Netral Pemilu
Wakil Ketua DPRD Sulsel dari Fraksi Nasdem Syaharuddin Alrif. (IST/HO)

KABAR.NEWS, Makassar - Wakil Ketua DPRD Sulsel dari Fraksi Partai Nasdem, Syaharuddin Alrif atau Syahar meminta Penjabat Gubernur Bachtiar Baharuddin untuk melunasi utang yang ditinggalkan Andi Sudirman Sulaiman pada periode 2022 hingga tahun 2023.


"Kami harap Pj Gubernur melanjutkan pekerjaan periode Nurdin Abdullah dan periode Andi Sudirman Sulaiman. Kami juga berharap menuntaskan utang pemulihan ekonomi nasional dan dana bagi hasil tahun 2022 sampai 2023," ujar Syahar dalam keterangan tertulis, Selasa (5/9/2023).


Utang dana PEN Pemprov Sulsel senilai Rp600 miliar. Adapun utang lainnya yang tersisa dari tahun 2022 mencapai Rp1,2 triliun. Jumlah tunggakan tersebut diklaim yang terbesar selama Pemprov Sulsel. 


Selain itu, Syahar yang juga Sekretaris DPW Partai Nasdem Sulsel, meminta Pj Gubernur Sulsel Bachtiar yang baru saja dilantik untuk memulihkan posisi aparatur sipil negara yang banyak dinonjobkan dan didemosi.


"Supaya ASN tidak trauma dan biarkan fokus bekerja untuk menjalankan program pemerinth Sulsel agar masyarakat Sulsel bisa merasakan manfaat," kata Syahar.


Bagi Nasdem, Pj Gubernur Sulsel Bachtiar juga diharap bisa mengawal Pemilu 2024 dengan mengambil posisi netral dan atau tidak memihak. Termasuk menjaga tensi politik tetap kondusif.


"Kami berharap bisa mengawal pilpres, pilbup dan pilgub dan tetap netral supaya hasilnya di Sulsel bisa berkualitas," harap politisi asal Sidrap itu.


Tidak kalah pentingny, Syahar atas nama pimpinan dan Fraksi Nasdem DPRD Sulsel berharap Pj Gubernur Bachtiar bisa segera bekerja mengatasi dampak fenomena El Nino.


"Kondisi cuaca el nino banyak mengakibatkan kebakaran hutan dan gagal panen di Sulsel,
Ini harus diantisipasi dipikirkan dampaknya," pungkas Syahar.


Bachtiar menjabat Pj Gubernur Sulsel mengganti Gubernur Andi Sudirman Sulaiman yang masa jabatannya berakhir pada Selasa hari ini.


Bachtiar menjabat Pj Gubernur Sulsel paling lama setahun dan bisa diperpanjang hingga terpilih gubernur dan wakil gubernur definitif hasil Pilkada Serentak 2024.