Skip to main content

Peringatan NASA: Dua Asteroid Berukuran Bangunan Besar akan Menabrak Bumi

Peringatan NASA: Dua Asteroid Berukuran Bangunan Besar akan Menabrak Bumi
Ilustrasi benda luar angkasa menabrak bumi. (The Sun)

KABAR.NEWS - National Aeronautics and Space Administration atau NASA, memberi peringatan bahwa dua asteroid atau benda luar angkasa berukuran bangunan besar  akan menembus planet bumi pada Selasa (5/3/2019) hari ini.


Baca juga: Hendak Pancing Ikan, Nelayan Ini Justru Temukan Makhluk Mirip Alien

Dua asteroid tersebut bernama 100-FOOT akan menembus Bumi hingga kecepatan 20.000 mph. Laporan The Sun, batu luar angkasa pertama yang akan menabrak bumi, dijuluki 2019 DC.


Menurut NASA dalam laporan tersebut, asteroid itu akan datang dari jarak 2,6 juta mil dari Bumi, atau sekitar 10 kali jarak antara bumi. Asteroid 2019 DC diperkirakan berukuran 100 kaki, menjadikannya sebesar gedung 11 lantai.


Ini akan diikuti oleh 2019 DL1, yang meluncur ke bumi roket pukul 1:20 siang waktu Amerika Serikat atau sekira pukul 02.00 WIB. NASA menyebut jatuhnya asteroid ke Bumi tidak akan membahayakan objek apapun.


"NASA tahu tidak ada asteroid atau komet yang saat ini berada di jalur tabrakan dengan Bumi, sehingga kemungkinan tabrakan besar cukup kecil terjadi," kata NASA, dikutip dari The Sun, Rabu (6/3/2019) dini hari.


"Sebenarnya, sebaik yang bisa kita katakan, tidak ada benda besar yang kemungkinan akan menabrak Bumi kapan saja dalam beberapa ratus tahun mendatang."


NASA menampik, dua asteroid itu yang akan menabrak bumi tidak akan menghilangkan kehidupan manusia yang seperti sering didengarkan. "Bencana global" hanya dipicu ketika benda yang lebih dari 1.000 meter menabrak Bumi, menurut NASA.


Baca juga: Berawal Jualan via Online, Kylie Jenner Jadi orang Termuda Terkaya di Dunia

Bulan lalu, NASA merilis foto-foto terbaiknya tentang kemungkinan asteroid kiamat yang dikenal sebagai Bennu. Tetapi Anda tidak perlu khawatir jika jika kiamat sedang berlangsung, NASA mengklaim akan memberitahu dunia jika ia tahu planet ini akan dihancurkan, daripada merahasiakannya.