Penyelenggara Pemilu Torut Bimtek Pemungutan & Perhitungan Suara

Selain bimtek pemungutan dan perhitungan suara, PPK Kesu'  juga memberikan bimbingan dalam penggunaan aplikasi Sistem Informasi Rekaputulasi (Sirekap).

Penyelenggara Pemilu Torut Bimtek Pemungutan & Perhitungan Suara
Camat Kesu', Kabupaten Toraja Utara saat memberikan sambutan di kantor kecamatan. Rabu (2/12/2020).(KABAR.NEWS/Febriani)












KABAR.NEWS, Rantepao - KPU Toraja Utara (Torut) melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kesu' melakukan Bimbingan Teknis (bimtek) Pemungutan dan Penghitungan Suara Bagi Panitia Pemungutan Suara(PPS) di Kantor Camat Kesu', Rabu (02/12/2020).

Selain bimtek pemungutan dan perhitungan suara, PPK Kesu'  juga memberikan bimbingan dalam penggunaan aplikasi Sistem Informasi Rekaputulasi (Sirekap).

Camat Kesu', Ely Pamalingan dalam sambutannya menyampaikan kepada PPS bahwa bimtek yang diberikan terkait tata cara pemungutan suara dan perhitungan suara di TPS. Semuanya diharapkan dapat menerima materi sesuai dengan tugas dan fungsi untuk dilaksanakan sebaik mungkin.

"Kita harapkan lewat bimtek penyelenggara pemilihan dapat melaksanakan tugas dengan menerapkan protokol kesehatan (Protkes) dengan disiplin," harapnya.

Dikatakan Ely bahwa surat suara dan alat peraga dalam protkes yang akan disalurkan sebelum pemilihan diminta untuk dicek sebaik mungkin dan jika ada kekurangan langsung dikoordinasikan sebelum ada yang mempermasalahkan.

"Memilih di tengah pandemi perlu persiapan lebih ekstra dan detail supaya pemilihan secara prosedural teknis sukses, disamping itu pilkada tidak mengkhawatirkan dari penyebaran virus Corona karena pemilihan telah di design dengn penerapan protokol secara ketat dengan maksud supaya pilkada semua sehat dan selamat. Jika ada kekurangan langsung kordinasikan," imbuh Ely.

Selain itu, lanjut Ely, PPS juga dilatih penggunaan aplikasi Sirekap sebagai alat bantu perhitungan rekapitulasi suara menggunakan teknologi yang bisa diaplikasikan ke ponsel pintar dan bisa terhubung ke Sirekapweb, sehingga pemungutan suara dapat diketahui hasilnya di hari yang sama.

"Kini PPS harus pintar membagi diri untuk meliha KPPS nya di TPS di masing - masing wilayah nantinya, demi pemilihan yang berjalan damai dan sukses," pungkasnya.

Penulis : Febriani/B