Penumpang Wings Air di Medan Buka Jendela Darurat

Keberangkatan pesawat tertunda selama satu jam akibat jendela darurat Wings Air dibuka penumpang.

Penumpang Wings Air di Medan Buka Jendela Darurat
Pesawat Wings Air. (Foto; Internet)






KABAR.NEWS, Medan - Penerbangangan Wings Air IW-1248 rute Bandara Kualamu-Binaka, Sumatera Utara (Sumut) harus ditunda setelah seorang penumpang berinisial HS (29) membuka Emergency Exit Window atau jendela darurat, Minggu (7/3/2021). 

Corporate Communication Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro membenarkan adanya penumpang yang membuka jendela darurat saat pesawat hendak take off. Akibtnya, penerbangan harus ditunda dan semua penumpang diturunkan.

"Saat proses keberangkatan selesai dan seluruh penumpang sudah berada di dalam kabin pesawat, penumpang laki-laki berinisial HS (29) yang duduk di nomor kursi 3Atiba-tiba membuka jendela darurat," kata dia. 

Danang mengaku seharusnya pesawat jenis ATR 72-500 tersebut berangkat dari Bandara Kualanamu pada pukul 08.45 Wita. Ada 44 orang penumpang serta empat awak yang ada dalam pesawat tersebut.

"Atas kondisi tersebut, seluruh penumpang diturunkan dan diarahkan kembali ke ruang tunggu keberangkatan bandar udara," ucapnya.

HS kemudian diserahkan kepada petugas keamanan bandara dan petugas layanan darat kemudian melakukan pemeriksaan terhadap pesawat.

"Wings Air telah menyerahkan HS kepada pihak terkait beserta Otoritas Bandar Udara guna pemeriksaan dan proses lebih lanjut. Atas kondisi tersebut, mengakibatkan keterlambatan keberangkatan Wings Air penerbangan IW-1248 yaitu 55 menit," ujar Danang.

Pesawat kemudian berangkat pukul 09.40 WIB dengan menggunakan pesawat Wings Air yang lain yakni ATR 72-600 registrasi PK-WHM. Pesawat mendarat di Gunung Sitoli pukul 10.45 WIB.

"Wings Air menegaskan bahwa seluruh operasional pesawat mengutamakan aspek keselamatan dan keamanan (safety first)," ujarnya.