Skip to main content

Penting Diketahui, Ini Sejumlah Efek Samping Konsumsi Bawang Merah Secara Berlebihan

bawangg
Ilustrasi (INT)

KABAR.NEWS - Bawang merah lazim ditambahkan pada makanan masyarakat Indonesia sebagai penyedap rasa. Selain menyedapkan rasa, bawang merah juga memiliki sejumlah dampak kesehatan, dan menjadi salah satu campuran dalam urusan perawatan kulit. 

 

Akan tetapi, mengonsumsi bawang secara berlebihan juga dapat menyebabkan efek samping yang parah. Karena kelebihan apa pun tidak baik, sama halnya dengan mengkonsumsi bawang.

 

Dilansir dari lifealth, berikut ini sejumlah efek samping yang bisa dialami jika konsumsi bawang merah terlalu berlebih:

 

Penyebab Kembung Parah

Bawang mengandung jumlah fruktosa yang tinggi, yang tidak dapat dicerna oleh tubuh kita. Sebenarnya, sistem pencernaan kita tidak mampu mencerna kuantitas tinggi gula dalam tubuh sehingga, makan berlebihan bawang menyebabkan masalah kembung dan sakit lambung yang parah.

 

Dapat Turunkan Tingkat Gula Darah Secara Drastis

Chromium yang ada dalam bawang membantu mengatur tingkat gula darah. Ini membantu melepaskan gula ke dalam aliran darah pada tingkat yang lebih rendah sehingga membantu menurunkan tingkat gula darah. Namun, makan terlalu banyak bawang bisa berbahaya karena ada risiko penurunan tingkat gula yang ekstrim.

 

Dapat Membuat Mulas

Mulas terjadi ketika asam dalam lambung mengalir ke arah atas ke kerongkongan, oleh karena itu, memberikan sensasi terbakar di jantung dengan ketidaknyamanan sepenuhnya.

Makan terlalu banyak bawang dapat menyebabkan produksi asam yang berlebihan di dalam tubuh dan menghambat proses pencernaan yang memberikan mulas.

 

Konsentrasi Kalium yang Tinggi Buruk Bagi Kesehatan

Kehadiran Potassium dalam bawang membantu tubuh untuk mengatur tekanan darah. Makan bawang dapat mengurangi tingkat tekanan darah.

Namun, makan berlebihan bawang bisa berdampak buruk bagi kesehatan karena dapat menurunkan tingkat tekanan darah secara drastis yang menyebabkan kelelahan, depresi, mual dan pandangan kabur.

 

Membuat Napas Bau

Keberadaan jumlah sulphur yang baik dalam bawang merah membantu tubuh dalam produksi insulin dan detoksifikasi sel. Namun, terlalu banyak mengonsumsi bawang dapat memberikan bau mulut yang buruk untuk menjadi jernih. Jadi, untuk menghindari embracement, batasi asupan bawang.