Skip to main content

Penting Diketahui, Ini Manfaat Sehat Rutin Makan 2 Buah Pisang Sehari

pisang
Ilustrasi (INT)

KABAR.NEWS - Buah pisang merupakan buah kaya manfaat yang mudah didapatkan. Rasanya yang lezat membuat buah ini termasuk digemari sebagian orang. 

Sejumlah kandungan nutrisi terdapat pada pisang, sangat bermanfaat bagi kesehatan. Di antaranya yakni kalori, karbohidrat, serat, gula, protein, serat, potassium, magnesium dan lain sebagainya.

Dikutip dari Boldsky, berikut ini sejumlah manfaat sehat mengonsumsi 2 buah pisang sehari secara rutin:

Menurunkan tekanan darah

Jika Anda menderita tekanan darah rendah, makan 2 pisang sehari akan membawa tekanan darahmu menjadi normal. Hal ini berdasarkan fakta bahwa pisang mengandung sekitar 420 gram potasium. Kalium bertindak dengan menyeimbangkan efek negatif garam, sehingga menurunkan tekanan darah.

Membantu pencernaan

Pisang mampu meningkatkan pencernaan Anda tanpa mengganggu saluran pencernaan. Buah ini juga mengandung pati resisten yang tidak mudah dicerna untuk mendukung pertumbuhan bakteri sehat.

Bagi Anda yang menderita gangguan pencernaan atau sakit maag, pisang adalah buah yang sangat direkomendasikan. Pisang bisa dimakan setelah diare karena mengembalikan mineral yang telah hilang.

Membantu menurunkan berat badan

Pisang juga bisa mengurangi berat badan jika Anda konsumsi dua buah sehari. Hal ini karena kandungan seratnya yang tinggi yang akan membuat perut Anda kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Pisang juga mengandung pati resisten yang mengurangi nafsu makan dan membantu dalam pencegahan penambahan berat badan.

Menurunkan risiko anemia

Pisang mengurangi kemungkinan menderita anemia, yang disebabkan oleh jumlah zat besi yang tidak cukup dalam aliran darah. Ini dapat menyebabkan kelelahan karena hemoglobin yang rendah. Makan 2 buah pisang sehari akan meningkatkan jumlah zat besi dengan merangsang pembentukan sel darah merah.

Pisang mengkompensasi kekurangan vitamin

Pisang terdiri dari 20 persen vitamin B6 yang dapat membantu memproduksi hemoglobin, insulin, dan asam amino yang dibutuhkan untuk membangun sel sehat. Selain itu, kandungan vitamin C sebanyak 15 persen, juga berfungsi untuk menetralkan radikal bebas yang berbahaya. 

Pisang meningkatkan suasana hati

Kandungan tryptophan pada pisang dipercaya bisa mengurangi tingkat stres dan mood seseorang. Tryptophan merupakan zat yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi serotonin, hormon bahagia. Pisang juga mengandung 27 mg magnesium yang bertanggungjawab untuk meningkatkan kualitas tidur seseorang.