Peningkatan PDRB Sinjai Sektor Konstruksi Bukti Nyata Pembangunan

Ditegaskan Andi Seto Asapa

Peningkatan PDRB Sinjai Sektor Konstruksi Bukti Nyata Pembangunan
Bupati Sinjai Andi Seto Asapa. (Foto: Kominfo Sinjai)






KABAR.NEWS, Sinjai - Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sektor usaha konstruksi di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan melonjak drastis hingga 540 persen menurut data Badan Pusat Statistik (BPS). 

Pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan oleh Pemkab Sinjai di bawah kendali Bupati Andi Seto Asapa menjadi pemicunya. Menurut BPS, laju pertumbuhan PDRB menurut lapangan usaha sektor konstruksi menunjukkan tren positif. Dimana pada tahun 2019 berada pada angka 2,14 persen.


Lalu melonjak pada tahun 2020 dan menduduki posisi 11,56 persen, atau naik hingga 540 persen dari tahun sebelumnya.


Andi Seto Asapa (ASA) mengatakan, capaian ini menjadi bukti nyata jika pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan pada tahun 2020 berdampak terhadap tumbuhnya pendapatan masyarakat. Baik pembangunan jalan, jembatan, maupun infrastruktur lainnya.


Tentu hal ini juga berdampak terhadap meningkatnya kesejahteraan masyarakat, terutama yang bergerak di bidang infrastruktur. 


"Alhamdulillah, kita bersyukur karena apa yang menjadi harapan kita untuk meningkatkan pendapatan masyarakat telah terwujud di sektor konstruksi," ungkap ASA dalam keterangan tertulis, Senin(5/4/2021)


Selain itu, lulusan Magister Monash University Australia itu meyakini jika pembangunan infrastruktur juga akan berdampak terhadap sektor perekonomian. Terutama pertanian, peternakan, pariwisata, perikanan, dan potensi lainnya.


Misalnya, hasil produksi pertanian mudah dijual dan tidak terlantar lagi karena jalan sudah mulus. Destinasi wisata mudah dijangkau dengan terbukanya akses jalan.


"Saya optimis bisa menggairahkan perekonomian dan menumbuhkan kesejahteraan masyarakat melalui stimulasi program yang kami lakukan," tambahnya.


Diketahui, pada tahun 2020, Bupati ASA memang fokus pada pembangunan infrastuktur jalan dan jembatan dengan anggaran sebesar Rp185 miliar. Dari porsi anggaran besar itu menghasilkan 132 kilometer jalan mulus dan 6 buah jembatan baru permanen.


Usaha konstruksi melalui program pembangunan infrastruktur ini juga menjadikan Sinjai menduduki posisi ketiga laju pertumbuhan PDRB tertinggi di Sulawesi Selatan.