Pengamat Nilai Firdaus Daeng Manye Layak Bertarung di Pilwalkot Makassar

Bukan di Takalar

Pengamat Nilai Firdaus Daeng Manye Layak Bertarung di Pilwalkot Makassar
Muh. Firdaus Daeng Manye. (Foto: Instagram/firdausdgmanye)






KABAR.NEWS, Makassar - Pemilihan Wali Kota Makassar, Sulsel, masih jauh pelaksanaannya pada November 2024. Namun beberapa figur-figur sudah mulai kelihatan persiapannya.


Fatmawati Rusdi selaku wawali saat ini dianggap berpotensi maju, begitupun Munafri Arifiddin yang saat ini menjabat Ketua DPD II Golkar Makassar juga sudah terlihat persiapannya kembali maju. 


Tapi, ada sosok figur baru juga dianggap layak maju dan mewakili figur baru, dia adalah Firdaus Daeng Manye. Pria tersebut merupakan kakak kandung Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Fadil Imran , saat ini menjabat di salah perusahan dibawah naungan BUMN.


Firdaus Daeng Manye yang disebut-sebut ingin maju di Pilkada Takalar, justru dianggap lebih cocok maju di Pilwalkot Makassar dibanding maju di takalar


Saran agar Firdaus Manye lebih cocok maju di Makassar disampaikan Direktur Suara Nasionalis Indonesia (SNI) Suanto Buang. Menurut putra Takalar ini, kans Firdaus jauh lebih besar jika maju di Pilwalkot Makassar sebab ketokohan figur tersebut.


"Selain ketokohan, di Makassar suara keluarga besar Gowa dan Takalar bisa bersatu memenangkan Daeng Manye," tutur Suanto Buang dalam keterangan tertulis, Kamis (22/7/2021).


Sementara itu, Analisis Direktur eksekutif  PT indeks politica indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir  mengatakan, sungguh sangat menarik jika ada figur baru dan berkualitas muncul di Pilwalkot Makassar November 2024 nanti. Dia berpendapat masyarakat kota Daeng bisa punya tambahan pilihan selain figur-figur lama. 


"Apalagi figur sekelas Firdaus Daeng Manye yang merupakan birokrat senior dan pengusaha sukses, dan menariknya lagi karna dia merupakan kakak kandung Kapolda Metro Jaya, tentu Firdaus Daeng Manye akan cepat meningkat popularitas dan akseptebilitasnya dengan sokongan ketohan saudaranya dan sokpngan keluarga besar Daeng Manye dari Takalar dan Gowa," kata Suwadi.

Menurut Suwadi, Kota makassar sejak era Patompo hingga sekarang memang belum pernah dipimpin figur dari selatan Makasssr, jadi Firdaus Daeng Manye bisa menjadi harapan baru di kota makassar


"Namun tentu, maju di Kota Makassar butuh kerja keras, sebab Firdaus Daeng Manye akan berhadapan figur - figur yang sudah populer seperti Munafri Arifuddin, Irman Yasin Limpo dan Fatmawati Rusdi," papar Suwadi.