Pendaki Alami Hipotermia di Bawakaraeng Dievakuasi ke Puskesmas

Melakukan Pendakian Sejak Jumat Lalu

Pendaki Alami Hipotermia di Bawakaraeng Dievakuasi ke Puskesmas
Proses evakuasi terhadap seorang pendaki yang mengalami hipotermia di Gunung Bawakaraeng.(ist)












KABAR.NEWS, Makassar - Seorang pendaki  di Gunung Bawakaraeng, Kecamatan Tinggimoncong, Kebupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), mengalami hipotermia, Senin (9/11/2020).

Diketahui, pendaki itu bernama Marten (20). Ia bersama beberapa dengan temannya melakukan pendakian pada hari Jumat (6/11/2020) lalu. Namun, pada hari Minggu (8/11/2020), di saat perjalanan pulang, Marten mengalami gejala hipotermia di pos 7 sehingga tidak dapat melanjutkan perjalanan.

Basarnas Makassar bersama dengan tim sar gabungan langsung bergerak cepat setelah mendapatkan informasi tersebut. Beruntung, Basarnar  bersama tim sar gabungan berhasil menemukan korban dengan kondisi selamat. Korban langsung dievakuasi ketempat yang lebih aman. 

"Informasi kami (Basarnas Makassar) terima tengah malam (09/11) dari anggota Polsek Tinggimoncong bahwa ada satu orang dari 10 pendaki mengalami hipotermia di pos 7 Gunung Bawakaraeng," kata Kepala Basarnas Makassar, Mustari, kepada awak media sesaat lalu.

Lebih lanjut Mustari mengatakan, kesepuluh orang tersebut mendaki pada Jumat (06/11/2020) sore hari. Sementara korban hipotermia atas nama Marten sudah mulai tidak enak badan saat perjalanan naik menuju ke pos 9, namun tetap memaksakan diri sampai ke pos 10 sebelum tengah malam.

Melihat kondisi rekannya yang mengkhawatirkan, tujuh pendaki lainnya langusng turun menuju ke pos 5 untuk mencari jaringan telepon guna mengabari pihak Polsek Tinggimoncong bahwa ada seorang mengalami hipotermia di pos 7.

"Korban hipotermia saat ini sudah dievakuasi menuju ke Puskesmas untuk dilakukan perawatan lebih lanjut karena kondisinya lemah," ucap Mustari.

Berikut data 10 orang yang melakukan pendakian di Bawakaraeng:

1. Marten (L/20 thn)
2. Eliza (L/23 thn)
3. Hadi (L/24 thn)
4. Asrul (L/23 thn)
5. Bahrun (L/23 thn)
6. Arif (L/23 thn)
7. Aldi (L/23 thn)
8. Sauzan (L/23 thn)
9. Haidir (L/23 thn)
10. Fikram (L/23 thn)

Penulis: Darsil Yahya/A