Skip to main content

Pendaftaran SNMPTN Mulai Dibuka, Web Susah Diakses

SNMPTN
SNMPTN.


KABAR.NEWS - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 mulai dibuka. Sejumlah calon mahasiswa mulai mencoba untuk mendaftar. Sayang saat website snmptn.ac.id coba diakses, sulit terbuka. Hal tersebut pun menjadi keluhan bagi calon mahasiswa. 


Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Prof Ravik Karsidi membenarkan jika website snmptn.ac.id sulit diakses karena banyaknya calon mahasiswa yang mengakses. 


Baca Juga:


"Siswa yang mengakses ini kan ada ratusan ribu orang. Mereka saat ini mengakses laman dalam waktu yang sama," ujarnya dikutip dari detikcom, Senin (4/2/2019).


Ia mengaku sudah memperbaiki website sehingga bisa diakses kembali.


"Tadi beberapa saat laman kami mengalami masalah. Alhamdulillah sekarang laman pendaftaran SNMPTN 2019 web.snmptn.ac.id sudah selesai diperbaiki," lanjutnya. 


Dia juga mengimbau siswa agar tidak panik. Sebab proses pendaftaran lanjutan masih bisa dilakukan dalam jangka waktu yang cukup panjang.


"Tidak perlu panik, karena masih ada waktu panjang untuk melanjutkan proses pendaftaran bagi siswa yang eligibel. Pendaftaran bisa dilakukan sejak hari ini pukul 14.00 WIB sampai 14 Februari 2019," ujarnya.


Ravik menjelaskan jumlah siswa yang berhak mendaftar di SNMPTN 2019 ialah sebanyak 613.860 orang. Mereka berasal dari 14.744 sekolah di seluruh Indonesia.


Para siswa yang memenuhi kriteria pemeringkatan dapat segera mendaftarkan diri dengan masuk laman web.snmptn.ac.id menggunakan dengan menggunakan NISN dan passwordnya. Siswa kemudian mengisi biodata dan mengunggah dokumen-dokumen seperti pas foto dan dokumen prestasi.


"Siswa pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh kepala sekolah," tutupnya.