Pendaftaran Dibuka, KPU Jeneponto Ingatkan Tahapan Penting untuk Parpol

- Gelar sosialisasi

Pendaftaran Dibuka, KPU Jeneponto Ingatkan Tahapan Penting untuk Parpol
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan terus melakukan persiapan menjelang Pemilu 2024. (KABAR.NEWS/Akbar Razak).






KABAR.NEWS, Jeneponto - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan terus melakukan persiapan menjelang Pemilu 2024. Itu karena tahapan pendaftaran partai politik (parpol) calon peserta sudah dibuka. 


Hari ini, Senin (1/8/2022), KPU Jeneponto menggelar sosialisasi tentang pendaftaran, verifikasi dan penetapan parpol calon peserta pemilu. Tahapan tersebut diatur dalam Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2022.


Ketua KPU Jeneponto Muhammad Alwi mengatakan, sejauh ini tidak banyak perubahan signifikan terkait mekanisme pendaftaran parpol calon peserta pemilu jika dibandingkan pada 2019. 


"Sehubung dengan perubahan mekanisme, saat ini sangat berbeda adalah bahwa pemilu di tahun 2019 itu pendaftaran parpol itu dilakukan di daerah atau kabupaten kota, untuk tahun ini, pendaftaran parpol itu dilakukan di KPU pusat," kata Muhammad Alwi kepada KABAR.NEWS di kantor KPU Jeneponto.


Dia menjelaskan bahwa partai yang saat ini lolos di parlemen pusat atau DPR cukup melalui verifikasi administrasi saja. 


"Jadi berdasarkan ketentuan yang ada, bahwa parpol peserta Pemilu tahun 2019 yang memenuhi ambang batas, hanya sampai kepada verifikas administrasi," jelas Alwi.


Selain itu, pendaftaran parpol pemilu harus melalui sistem informasi partai politik atau sipol. Sipol ini bisa diunduh melalui aplikasi Play Store untuk ponsel berbasis Android.


Ada beberapa tahapan penting yang harus dilakukan setiap parpol. Salah satunya adalah, parpol wajib menginput kepengurusannya melalui aplikasi Sipol.


"Jadi tahapan penting untuk menjadi calon peserta partai pemilu 2022 adalah, hal pertama, partai-partai yang bersangkutan harus menginput masuk ke aplikasi Sipol terkait dengan kepengurusannya, kemudian keanggotaannya, melalui aplikasi ini, maka partai politik akan mendapat ruang untuk menjadi calon peserta," ungkapnya.


Pendaftaran partai politik akan dibuka hingga 14 Agustus 2022. Hal ini berdasarkan PKPU tahun 2022. "Berdasarkan PKPU tahun 2022 tentang pendaftaran, verifikasi dan penetapan parpol bahwa pendaftaran dibuka mulai tanggal 1 Agustus sampai dengan 14 Agustus 2022," ucapnya.


Sekadar diketahui, pada Pemilu 2019 sebanyak 16 parpol memperebutkan kurang-lebih 40 kursi DPRD Jeneponto. Hasilnya, Gerindra mendapat dukungan terbanyak dan mampu meraih 7 kursi. Disusul oleh Golkar 6 kursi dan PPP, PKB dan partai lain.


"Untuk Kabupaten Jeneponto partai politik peserta pemilu hanya 16 partai. Berdasarkan hasil pemilu 2019, partai politik pemenang pemilu di Jeneponto adalah Gerindra karena bisa mendapatkan perolehan suara terbanyak, dan 7 kursi, disusul oleh partai Golkar sebanyak 6 kursi," pungkasnya.


Penulis: Akbar Razak/A