Skip to main content

Penantang Tak Gentar Nama Besar dan Status Petahana Bacalon DPD RI

aaaa
Ilustrasi Bacalon DPD RI.


KABAR.NEWS, Makassar - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulsel telah menutup pendaftaran Bakal Calon (Bacalon) Anggota DPD RI untuk Pemilu Legislatif 2019, rabu kemarin.

Tercatat ada 23 nama Bacalon DPD RI Dapil Sulsel. Tiga di antaranya berstatus sebagai petahana yaitu Andi Muhammad Ihsan, Andi M Iqbal Parewangi dan Ajiep Padindang.

Sementara penantang tiga petahana itu salah satunya adalah Nusrah Azis. Dia mengaku tak khawatir dengan nama besar dan popularitas petahana yang bertarung di Dapil Sulsel.

“Kalau saya cukup percaya diri saja, siapa pun yang bersaing di dalam adalah kita bisa memenangkan persaingan,” ujar mantan Komisioner KPU Provinsi Sulsel itu, usai mendaftar sebagai Bacalon, kemarin.

 

a
Nusrah Azis (kanan)


Apalagi kata dia, dukungan KTP pencalonannya juga tersebar di 13 kabupaten/kota dengan jejaring komunitas tim pemenangan.

Di tempat yang sama, Bacalon DPD RI yaitu Mappaujung menilai ada tidaknya petahana bukan menjadi tantangan. Ia justru menilai, setiap paslon memiliki peluang yang sama.

Mappaujung tak lain adalah dosen di Kampus Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar ini berpendapat bahwa, perilaku pemilih era kekinian juga sulit diterka dalam memilih pemimpin.

"Jadi saya tidak melihat itu ada incumbent atau tidak, karena sekarang ini juga terjadi perubahan perilaku masyarakat. Orang yang tadinya dianggap hebat tiba - tiba kok ada yang lebih dari itu," katanya.

 

a
Bacalon DPD RI Mappaujung

 

Senada dengan itu, Harmansyah yang juga kerap disebut Pemuda Bersyal Merah, mengaku santai menghadapi pergerakan politik kandidat petahana dan sejumlah nama besar lainnya.

"Kalau minder dari awal nggak Akan masuk arena. Politik itu fleksibel 'Anything Can Happen'," kata Harmansyah.

 

sr
Harmansyah 'Pemuda Bersyal Merah'

 

Sementara kandidat petahana DPD RI, AM Iqbal Parewangi menilai kehadiran penantang Bacalon DPD RI yang memiliki popularitas nama dimaknai sebagai keberhasilan Anggota DPD RI periode 2014-2019.

"Salah satu yang saya syukuri selama tiga tahun berkinerja termaksud adalah dibolehkannya penggunaan senator bagi Anggota DPD. Kalau semakin banyak nama besar yang berkontestasi untuk senator maka syukur bagi saya. Artinya kalau tahun ini sedikit nama besar yang maju, berarti periode kami yang lalu gagal dong ?
" kata AM Iqbal Parewangi.

Lain halnya menurut kandidat petahana Ajiep Padindang, menurutnya jumlah pendaftar DPD Dapil Sulsel semakin berkurang dibanding jumlah saat dirinya bertarungb di tahun 2014.

"Setiap persaingan itu tentu ada tantangannya. Dan dari 23 pesaing saya, tentu kita akan berjuang bersama. Ini justru berkurang dibanding periode pertama di 2014, saya berharap semua lolos," tandasnya.

Berikut ini daftar 23 nama Bacalon DPD RI yang telah mendaftar di KPU Sulsel:
 

1. Sindawa Tarang
2. Tamsil Linrung
3. Syaiful Saleh
4.  Muh Roem
5. Lily Amelia Salurapa
6. Pathillah
7. Muhammad Ihsan
8. Amil Sadiq
9. Nina Marlina Najamuddin
10. Rahim Sanjata
11. Asmar
12. Ajiep Padindang
13. Tasmin Latif
14. Yunus Razak
15. Nusrah Azis
16. Andi M Iqbal Parewangi
17. Mappaujung
18. Mustafa Irate
19. Herman Hafid Nassa
20. Harmansyah
21. Sulaeman Kamaruddin
22. Arianto Burhan Makka
23. Muhlis Katili