Pemuda Muhammadiyah Jeneponto Tegaskan Netral di Pemilu 2024

- Anggota dipersilahkan ikut nyaleg

Pemuda Muhammadiyah Jeneponto Tegaskan Netral di Pemilu 2024
Ketua Pemuda Muhammadiyah Jeneponto Syahrir Sarea saat menyampaikan ceramah di masjid beberapa waktu lalu. (IST)






KABAR.NEWS, Jeneponto - Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Syahrir Sarea menegaskan pihaknya tidak akan terlibat dalam politik praktis pada Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak tahun 2024.


Menurut Syarir Sarea, sudah seharusnya ormas keagamaan seperti Muhammadiyah dan turunannya tidak terlibat dalam dunia politik karena ranah ini merupakan tugas partai itu sendiri.


"Secara garis komando Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah itu tidak memberikan intruksi sama sekali, karena Pemuda Muhammadiyah ini tidak bisa di masukan pada rana politik praktis," kata Syahrir Sarea saat ditemui KABAR.NEWS di Jeneponto, Kamis (25/8/2022).


Syahrir menjelaskan Anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) Pemuda Muhammadiyah melarang organisasi ini diarahkan untuk kepentingan politik praktis.


Sikap netral Pemuda Muhammadiyah merupakan bagian dari khittah perjuangan organisasi yang harus dipahami setiap anggota dan atau pengurus.


Kendati demikian, Muhammadiyah mengimbau kepada warganya untuk tetap menggunakan haknya politik pada Pemilu Serentak 2024. Termasuk ikut sebagai calon anggota legislatif (Caleg).


"Muhammadiyah adalah forum kaderisasi terakhir yang dilakukan oleh anak Pemuda Muhammadiyah untuk menempa dirinya hadir di mana, setelah di Pemuda Muhammadiyah ada mungkin beberapa penawaran dari partai politik untuk masuk mencaleg, itu sah-sah saja, tapi catatanya satu jangan pernah membawa brand organisasi Pemuda Muhammadiyah," pungkasnya.


Penulis: Akbar Razak/B