Pemuda Era 5.0 Dibahas pada Dialog IPMIL Raya UIN Alauddin

Memperingati sumpah pemuda

Pemuda Era 5.0 Dibahas pada Dialog IPMIL Raya UIN Alauddin
Dialog kepemudaan oleh Pengurus IPMIL Raya UIN Alauddin Makassar di Gowa, Kamis (28/10/2021). (Foto: IST)












KABAR.NEWS, Gowa - Peringatan sumpah pemuda tahun 2021 juga digelar oleh Pengurus Koordinator Perguruan Tinggi Ikatan Pelajar Mahasiswa Indonesia Luwu Raya (PKPT IPMIL RAYA) UIN Alauddin Makassar, Sulawesi Selatan.


Peringatan momentum bersejarah itu dikemas dalam bentuk dialog kepemudaan dengan tema “Merektualisasikan nilai-nilai Sumpah pemuda dalam upaya perwujudan pemuda berkemajuan di era 5.0”, Di Warkop Mauco, Gowa, Kamis (28/10/2021).


Dialog tersebut menghadirkan tiga pembicara, diantaranya kabid Ristek dikti KNPI keb. Gowa Nursalam Samad, Staf ahli rektor UINAM M. fadlan L Nasurung, pegiat IT Sul-sel Muh Syafaat.


Fadlan L Nasurung sempat menyinggung teknologi semakin canggih. Di sisi lain, belum ada revolusi signifikan yang dilakukan anak - anak muda  Indonesia hari ini.


“Kita itu sebagai anak muda dalam kepala kita itu apa, karena sejarah manusia adalah sejarah revolusi pemikiran kita harus menciptakan ide-ide baru menciptakan makhluk-makhluk baru di era moderen seperti sekarang ini karena teori-teori dan ilmu itu semua awalnya abstrak ,” ujar Fadlan dalam keterangan tertulis, Jumat (29/10/2021).


Sementara, Ketua Umum PKPT IPMIL RAYA UIN Alauddin, Muh. Devgan Ramadhan menjelaskan bahwa dialog kepemudaan sebagai momen merefleksi nilai-nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda.


“Forum ini sebagai rekonstruksi di tengah pandemi sekarang ini," kata Devgan.


Dia menandaskan, dialog ini boleh disebut sebagai langkah-langkah kecil dari anak muda, untuk mampu menjadi pelopor dalam menyambut era 5.0.


“Namun yang perlu kita persiapkan dalam menyambut era 5.0 yang serba instan, pemuda bukan hanya sebagi konsumen melaikan mampu menjadi pelopor, karena kenapa ketika kita ingin melihat kemajuan suatu negara maka lihatlah apa yg dilakukan pemudanya hari ini,” tandas Devgan.