Pemprov Sulsel Launching Sarana PSU Air Bersih di Gowa

Pemprov Sulsel Launching Sarana PSU Air Bersih di Gowa






KABAR.NEWS, MAKASSAR -- Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Provinsi Sulawesi Selatan, Iqbal S. Suhaeb, dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulsel Darmawangsyah Muin, melakukan lauching dan peletakan batu pertama pembangunan Prasarana Sarana Utilitas (PSU) Air Bersih, paket Pekerjaan Pengadaan Pemasangan Pipa Transmisi dan Pipa Distribusi di Desa Manimbahoi, Kecamatan Parigi, Kabupaten Gowa, Rabu, 1 Desember 2021.

Pembangunan ini untuk memenuhi hak dasar dan kebutuhan masyarakat yakni air. Sulitnya akses dan sumber air menjadi pertimbangan.

“Ini digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan rumah tangga. Memang warga sana susah dapat air dan jauh sumber air bersihnya, terutama untuk musim kemarau,” kata Iqbal Suhaeb.

Iqbal menyebutkan, pembangunan ini juga menindaklanjuti instruksi dari Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman agar menghadirkan pemenuhan air bersih bagi masyarakat.

“Instruksi Pak Plt Gubernur juga warga dibantu untuk pemenuhan air bersihnya, ini yang program di daratan. Kita juga termasuk air siap minum (arsinum) untuk yang ada di pulau-pulau,” sebutnya.

Selain di Desa Manimbahoi, pembangunan Prasarana Sarana Utilitas (PSU) Air Bersih juga dilakukan di 6 desa lainnya. Yakni, Desa Jonjo, Desa Majannag, Desa Bilanrengi, Desa. Bontolempangan, Desa Lauwa, dan Desa Lassa. Hadirnya program ini juga melalui usulan DPRD Sulsel dihadirkan melalui Program PSU Daerah Rawan Bencana Dinas Perkimtan Provinsi SulSel

Jelas Iqbal Suhaeb, pembangun utilitas air bersih ini pipanya dengan panjang pipa 1.000-1.500 meter, selain itu juga dilakukan pemasangan pipa tandon 10 kubik. Pipa yang dipakai adalah pipa khusus HDPE yang lebih kuat dari pipa PVC, dapat melengkung, dengan tekanan air besar juga tidak mudah pecah dan tidak ada sambungan sampai 100 meter.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Camat Parigi, Abdul Rahman, Kepala Desa Maningbahoi, Tokoh Masyarakat Maningbahoi dan Ketua SPAM SulSel, Husni serta Pejabat Dinas Perkimtan Sulsel. (*)