Pemprov Sulsel Imbau Umat Muslim Salat Iduladha 10 Juli

- Ikut edaran pemerintah pusat

Pemprov Sulsel Imbau Umat Muslim Salat Iduladha 10 Juli
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (kedua kanan) dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (kanan) melaksanakan Salat Idulfitri tahun 2022 di Kota Makassar. (Ilustrasi/IST/HMS)

KABAR.NEWS, Makassar - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan mengimbau masyarakat agar melakasanakan Salat Iduladha berdasarkan surat edaran pemerintah pusat yaitu pada hari Minggu, 10 Juli 2022. 


Imbauan itu disampaikan Pelaksana Harian (PLH) Gubernur Abdul Hayat Gani yang juga Sekprov Sulsel, usai rapat antara Pemprov Sulsel, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel dan pihak terkait di Kota Makassar, Jumat (8/7/2022).


"Kita semua harus satu persepsi, Alhamdulillah hari ini sudah mewakili semua. Tujuan kita (rapat, red) hari ini bagaimana masyarakat kita aman dan nyaman dalam menjalankan ibadah," kata Abdul Hayat dikutip dari laman Pemprov Sulsel, Jumat.


Abdul Hayat mengaku, rapat hari ini merupakan jalan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan umat muslim atau masyarakat Sulsel, terkait dengan perbedaan waktu Salat Iduladha.


"Kita diskusikan hari ini untuk menjawab pertanyaan dari berbagai elemen masyarakat. Kita jalankan apa yang menjadi surat edaran pemerintah pusat," jelas Mantan Direktur Kemensos RI itu.


Ketua MUI Sulsel Prof. Jamaluddin, menjelaskan, perbedaan waktu sholat itu hanya terjadi di Indonesia, di negara lain tidak ada perbedaan.


"Berdasarkan semua negara tidak memiliki dua surat edaran, hanya di Indonesia yang memiliki surat edaran karena Indonesia adalah negara yang menghargai toleransi," jelasnya. (*)