Pemkot Parepare Intens Awasi Harga Pangan Jelang Iduladha

- Dilakukan tim pangan

Pemkot Parepare Intens Awasi Harga Pangan Jelang Iduladha
Ilustrasi. Aktivitas jual-beli di Pasar Tradisional dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. (KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)






KABAR.NEWS, Parepare - Pemerintah Kota Parepare dalam hal ini Dinas Perdagangan, Dinas Ketahanan Pangan, Bagian Perekonomian dan SDA, serta Badan Pusat Statistik (BPS) yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kota Parepare, turun melakukan pemantauan di Pasar Rakyat Lakessi Parepare, Sabtu (25/6/2022).


Pemantauan di pasar tradisional terbesar di Parepare dan sekitarnya ini untuk memastikan tidak terjadi gejolak harga barang kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah. Hasil pantauan dipastikan harga barang kebutuhan pokok aman, stabil terkendali.


Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Parepare Prasetyo Catur mengatakan, pemantauan harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok di pasar tradisional ini merupakan salah satu upaya Tim Satgas Pangan Parepare untuk memastikan semuanya aman menjelang Iduladha.


“Kami turun memantau harga bahan pokok guna mengecek langsung kebenaran adanya sejumlah bahan pokok mengalami kenaikan harga. Sekaligus mengecek komoditas apa yang kurang dan harga-harga yang meroket,” kata Prasetyo.


Terkait ketersediaan stok, Prasetyo menjamin dua Minggu ke depan masih dapat terpenuhi atau masih aman. Hanya saja, kata dia, memang ada beberapa komoditas mengalami kenaikan harga seperti bawang merah dan cabai rawit.


“Stok diperkirakan dalam dua Minggu ke depan masih stabil dan aman. Hanya saja memang kami harus akui, masih ada beberapa komoditas mengalami kenaikan harga, contohnya bawang merah melonjak naik. Lombok kecil atau cabai rawit juga mengalami kenaikan,” ungkap Prasetyo.


Dia mengemukakan, bahwa naiknya sejumlah komoditas pangan inibdisebabkan kurangnya pasokan dari pengepul atau petani.


Selain itu, cuaca yang tidak menentu sehingga beberapa petani cabai rawit mengalami gagal panen.


Senada dengan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Parepare, Muhammad Nur, bahwa dari segi ketersediaan pangan di pasaran, dipastikan masih cukup aman untuk beberapa hari ke depan dan tidak sulit untuk mendapatkannya.


“Terkait dengan kenaikan harga memang wajar-wajar saja pada saat menjelang hari raya besar biasanya setiap tahun. Namun kita Pemerintah Kota tetap memantau karena jangan sampai meresahkan masyarakat terkait dengan kebutuhan mereka,” tandas Muh Nur.


Sementara dalam pantauan rutin harian Dinas Perdagangan Parepare diperoleh informasi per Jumat, 24 Juni 2022, bahwa harga bawang merah besar justru mengalami penurunan dibanding sehari sebelumnya, Kamis, 23 Juni 2022. Dari harga Rp45 ribu per kg turun menjadi Rp35 ribu per kg atau -22,22 persen.


Pantauan yang dilakukan di Pasar Lakessi ini juga menunjukkan tidak terjadi kenaikan harga pada komoditas lainnya. Harga rata-rata barang kebutuhan pokok relatif stabil aman terkendali.

Penulis: Arsyad/C