Pemkot Parepare dan Mahasiswa KKN Unhas Edukasi Anak Pentingnya Kesehatan Gigi

- Dalam rangka menyemarakkan HUT ke-77 RI.

Pemkot Parepare dan Mahasiswa KKN Unhas Edukasi Anak Pentingnya Kesehatan Gigi






KABAR.NEWS, Parepare - Pemerintah Kota Parepare melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau dan Dinas Kesehatan menggelar kegiatan sikat gigi missal. 


Program kegiatan yang menggandeng mahasiswa KKN Tematik (KKNT) Stunting Universitas Hasanuddin (Unhas) Gelombang 108 ini mengusung tema Brush Day and Night. 


Kegiatan yang diikuti 500-an pelajar SD ini juga bekerja sama TP PKK Kota Parepare dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Parepare. Kegiatan yang dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Parepare, Erna Rasyid Taufan, Direktur RSUD Andi Makkasau Renny Anggraeni Sari, Kepala Dinas Kesehatan, Rahmawaty, serta sejumlah Kepala Puskesmas ini digelar di Taman Mattirotasi Parepare, Minggu (14/8/2022).


Ketua TP PKK Kota Parepare Erna Rasyid Taufan nampak telaten menyesuaikan diri dengan perkembangan fisik dan psikologis anak. Bunda PAUD ini mengedukasi anak-anak tentang pentingnya sikat gigi dengan cara berbeda. 


Ia mengajak anak-anak bernyanyi. Lagu “Bangun Tidurku Terus Mandi” yang popular di kalangan anak-anak itu dinyanyikan bersama. 


Usai bernyanyi, Erna pun berinteraksi tanya jawab dengan mereka sesuai isi lagu. “Bangun tidurku terus mandi tidak lupa menggosok gigi. Betul? Sorakan mengiyakan dari anak-anak lantang bersahutan.


Erna lalu melanjutkan nyanyian yang diikuti ratusan anak-anak SD itu. “Habis mandi kutolong ibu membersihkan tempat tidurku.  Apakah kita jalankan semuanya? Kalau kita jalankan berarti kita adalah anak yang baik, mau jadi anak yang baik?” lagi-lagi diiyakan oleh anak-anak yang hadir. 


Direktur RSUD Andi Makkasau Renny Anggraeni Sari mengatakan, kegiatan itu dalam rangka menyemarakkan HUT ke-77 RI.


“Ini adalah salah kegiatan yang diselenggarakan Pemerintah Kota Parepare bekerja sama KKN Unhas, PKK Kota Parepare, dan PDGI Cabang Parepare dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-77,” kata Renny, sapaan karib alumni Magister Manajemen Rumah Sakit Unhas ini. 


Sementara, Ketua PDGI Cabang Parepare, drg Cenrara menguraikan, selain sikat gigi massal sejumlah kegiatan berupa edukasi kesehatan juga dilaksanakan.


“Seperti penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, cara menggosok gigi yang benar, dilanjutkan dengan pemeriksaan gigi, serta tindakan fissure sealent,” tandasnya.