Pemkab Torut Ziarah dan Upacara Penghormatan di Makam Tokoh Pemekaran

Salah satunya makam Almarhum Bangalino

Pemkab Torut Ziarah dan Upacara Penghormatan di Makam Tokoh Pemekaran
Upacara penghormatan perjuangan pemekaran Toraja Utara di makam Alm. Kol. Pnb (Purn) M.B. Bangalino di Kelurahan Panga', Kecamatan Kesu', Kabupaten Toraja Utara, Senin (19/7/2021). (KABAR.NEWS/Febriani)






KABAR.NEWS, Rantepao - Pemerintah Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, memperingati hari jadi ke-13 tahun dengan menggelar ziarah ke makam 6 tokoh pemekaran daerah ini. Salah satunya ke makam Kolonel Pnb (Purn) M.B. Bangalino yang merupakan Ketua Panita Pemekaran Toraja Utara pertama.


Pada ziarah ini, Pemkab Torut lakukan upacara penghormatan pejuang pemekaran dan dilanjutkan dengan menabur bunga di area makam di makam Almarhum Bangalino di Kelurahan Panga', Kecamatan Kesu', Kabupaten Torut, Senin (19/7/2021). (Baca juga: Disdukcapil Torut Perbaiki 4 Ribu Data Penduduk saat KBM)


Wakil Ketua DPRD Torut Calviyn P. Tondok yang hadir sebagai pembina upacar mengharapkan pemekaran Torut dari Tana Toraja setelah tiga belas tahun dapat mewujudukan kehidupan yang lebih baik terutama dalam bidang pelayanan masyarakat.


"Kita mekar untuk dapat melakukan yang lebih baik, kita mekar untuk bisa lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Karena apa yang telah dipikirkan, apa yang telah direncanakan oleh tokoh-tokoh pemekaran di masa yang lalu itu sekarang kita masyarakat Toraja Utara harus bangkit dan lebih mandiri di dalam mengisi akan pembangunan ini," kata Calviyn.


Menurut Calviyn, pemekaran Torut dari induknya Tana Toraja telah memperlihatkan kemajuan khususnya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan juga sudah dirasakan oleh masyarakat Torut sendiri.


"Saya pribadi dan mewakili lembaga serta masyarakat Toraja Utara, izinkan kami mengucapkan terima kasih kepada ibunda terkasih untuk almarhum dan terima kasih atas perjuangan yang telah dilakukan oleh almarhum sehingga kita bisa mekar dan kita bisa mendekatkan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan keinginan para pejuang pemekaran kita," pungkasnya. (Baca juga: Dijatah 1.229 Kuota, Ini Formasi CPNS dan PPPK Pemkab Torut)


Ziarah dan Upacara di makam Almarhum Bangalino dihadiri Esther Palloan Bangalino (Istri alm M.B Bangalino), Mira Bangalino (Anak dari MB. Bangalino), Jefri Makapedua (Anak Mantu dari MB Bangalino) dan para ASN Pemkab Torut.


Penulis: Febriani/B