Pemkab Jeneponto Optimis PAD 2020 Mencapai Target

Sudah mencapai 70 persen

Pemkab Jeneponto Optimis PAD 2020 Mencapai Target
Kepala Bapenda Jeneponto Saripuddin Lagu. (KABAR.NEWS/Akbar Razak)












KABAR.NEWS, Jeneponto - Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Saripuddin Lagu, optimis bisa mencapai target pendapatan asli daerah (PAD) tahun 2020.


"Alhamdulillah sampai 30 November 2020 sudah masuk 76,94 persen atau Rp14,8 miliar lebih," ujar Saripuddin saat ditemui KABAR.NEWS di ruangannya, Senin (14/12/2020).


Menurut dia, target PAD Pemkab Jeneponto sebanyak Rp19 miliar. Meski demikian, ia mengaku tetap optimis untuk mengejar target PAD di atas 90 persen disisa waktu tahun ini.


Dia mengatakan, penyumbang terbesar terhadap pajak daerah adalah dari pajak reklame yang sudah mencapai 96,33 persen. 


"Penyumbang terbesar dari segi persentase sampai 30 November itu dari pajak reklame kita sudah capai 96,33 persen. Dan saya optimis tahun ini 100 persen kita targetkan," ungkapnya. 


Kendati demikian, Saripuddin menyebut sumber pendapatan yang paling anjlok adalah dari sektor rumah makan atau restoran. Mengingat, saat pandemi sangat sedikit restoran yang beroperasi. 


"Karena beberapa bulan lalu Covid-19 ini memang rumah-rumah makan tutup sehingga secara otomatis pendapatan dari sana juga tidak ada," ucapnya.


"Tapi, Allhamdulilah beberapa bulan belakangan dengan dibukanya kembali apalagi terpasangnya emkos yang terkoneksi dengan KPK empos ini terpasang di beberapa rumah makan. Pendapan kita di rumah makan sudah trending naik," tambahnya. 


Kata dia, target Pajak Bumi Bangunan (PBB) mencapai Rp6 miliar. Hingga saat ini, sudah masuk sebesar Rp5,4 miliar lebih.


"Kita sampai hari ini per 30 November sudah sampai 90 persen lebih. Kita juga optimis capai di atas 95 persen. Target PBB kita Rp6 miliar sampai 30 November kita sudah masuk Rp5,4 miliar lebih. Kita sudah 90, persen lebih," pungkasnya. 


Penulis: Akbar Razak/A