Pemkab Jeneponto Belum Punya Anggaran untuk Seleksi Sekda

*Panitia seleksi juga belum dibentuk

Pemkab Jeneponto Belum Punya Anggaran untuk Seleksi Sekda
Pelaksana Tugas Sekda Jeneponto Basir Bohari. (HO/Sulselsatu)






KABAR.NEWS, Jeneponto - Jabatan definitif Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, hingga kini masih lowong. Alasan belum dibukanya seleksi sekda karena terkendala anggaran.


"Untuk calon sekda definitif ini kita belum umumkan pendaftaran. Karena selain itu anggaran juga belum ada. Masih proses DPA," kata Pelaksana Tugas Sekda Jeneponto Basir Bohari di Kantor Bupati Jeneponto, Senin (17/1/2022).


Basir Bohari yang juga Kepala BKP SDM Jeneponto ini memastikan akan mempersiapkan pelaksanaan seleksi terbuka tersebut sesegera mungkin.


"Nah itu kita akan lihat rencana anggaran KAS-nya di bulan berapa. Tetapi yang pasti bahwa tugas seorang pejabat sekda itu adalah mempersiapkan sesegera mungkin untuk pelaksanaan seleksi terbuka untuk calon sekda defenitif," terangnya.


Dia menjelaskan bahwa seleksi terbuka ini harus melalui beberapa proses. Salah satunya adalah meminta rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).


"Belum kita umumkan karena itu ada prosesnya. Untuk proses seleksi terbuka sekda itu terlebih dahulu kita akan mengusulkan ke KASN. Untuk meminta rekomendasi untuk pelaksanaannya," jelas Basir.


"Nanti setelah turun itu baru kita buka pendaftaran. Setelah itu kita lakukan pendaftaran, seleksi dan seterusnya. Hasil seleksi nanti di sampaikan lagi kepada KASN untuk memohon rekomendasi pelantikan," tambah dia.


Kendati demikian, Bohari belum bisa memastikan kapan seleksi terbuka calon Sekda Jeneponto dibuka. Pihaknya masih menunggu kesiapan anggaran dan pembentukan panitia seleksi.


"Kita belum tahu karena itu semakin banyak orang yang ikut, semakin besar biayanya. Pansel belum," pungkasnya.


Penulis: Akbar Razak/B