Pemda Bantaeng Dorong Kelompok Wanita Tani Budidayakan Udang Vaname

"Mereka juga akan belajar untuk membuat ikan olahan,"

Pemda Bantaeng Dorong Kelompok Wanita Tani Budidayakan Udang Vaname
Ilham Azikin saat melakukan kunjungan di kawasan Bioflik Ikan Nila, Kecamatan Ulugalung,MInggu(10/1).ist

Pemda Bantaeng Dorong Kelompok Wanita Tani Budidayakan Udang Vaname

KABAR.NEWS,Bantaeng- Pemerintah Kabupaten Bantaeng melihat adanya prospek yang cerah pada budidaya udang vaname di kawasan Bioflok Ikan Nila di Ulugalung,Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng, Provinsi Sulawesi Selatan.

Optimisme akan potensi itu disampaikan Bupati Bantaeng, Ilham Azikin saat melakukan kunjungan di kawasan tersebut, Minggu(10/1). Ia berencana akan melengkapi kawasan tersebut dengan pertanian organik yang nantinya kelompok wanita tani sebagai pengelola.

"Mereka juga akan belajar untuk membuat ikan olahan," katanya. Selain itu, Ilham juga berencana untuk mendorong budidaya udang vaname melalui bioflok. Sasarannya adalah nelayan di kawasan Pa'jukukang terutama perempuan.

"Kalau ini berhasil, kita kembangkan Bioflok Vaname di Pa'jukukang," jelas dia. Dia menambahkan, Pa'jukukang sengaja dipilih untuk pengembangan vaname dengan berbagai pertimbangan.

Salah satu di antaranya karena budidaya ini akan dapat memberikan tambahan penghasilan untuk nelayan sekitar. "Pa'jukukang akan menjadi kawasan industri. Keberadaan bioflok ini bisa mendorong kesejahteraan masyaralat sekitar," pungkasnya.

Ilham juga mengaku kalau pihaknya telah menyerahkan bantuan Bioflok yang diserahkan kepada masyarakat sekitar. Bioflok sendiri terang Ilham juga sudah mempekerjakan beberapa tenaga kerja. 

Penulis : Akbar Rasak/B