Pembukaan Festival Salo Karajae Tuai Beragam Pujian

* Disaksikan ribuan pasang mata

Pembukaan Festival Salo Karajae Tuai Beragam Pujian
Perahu hias pada Festival Salo Karajae di Parepare, Sulsel. (Instagram/tvpare)






KABAR.NEWS, Parepare - Pembukaan Festival Salo' Karajae di Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel) sukses membius perhatian pengunjung pada Selasa (27/9/2022) malam.


Event pesisir terbesar di Sulsel ini menyajikan acara fenomenal berestetika tinggi yang dikemas secara apik menggunakan teknologi canggih. 


Panggung terapung yang terbentang di atas sungai (Salo') Karajae ini pun menambah pesona pembukaan Salo' Karajae yang dihadiri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Pemerintah Provinsi Sulsel, serta sejumlah kepala daerah di Sulsel ini. 


Ribuan penonton pun berdecak kagum atas kesuksesan acara yang menyuguhkan atraksi wisata air, seperti 'water projection mapping'. 


Pengunjung makin terbius saat kehadiran artis Ibukota kelahiran Brunei Darussalam, Jaz Hayat tampil melantunkan lagu berjudul "Kasmaran" yang mampu membuat para Pengunjung euforia menikmati suguhan event nasional yang tercatat dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022. Keberhasilan Festival Salo' Karajae ini pun menuai pujian. 


Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, Muhamamd Jufri tak henti-hentinya memuji kreativitas Parepare menghadirkan event yang disebutnya luar biasa itu.


"Saya pun tidak yakin berada di Torangeng River Side (Parepare). Keindahan dengan memadukan unsur teknologi dan kreativitas yang kita saksikan ini wow, keren. Tepuk tangan dong semuanya untuk Kota Parepare," ujar Jufri.


"Atraksi wisata bahari dikemas apik dan unik. Layak kita catat sebagai even nasional," lanjut dia, memuji. 


Pujian senada juga diungkapkan Kurleni Ukar, Staf Ahli Menteri Bidang Reformasi Birokrasi Kemeparekraf RI mewakili Menparekraf RI, Sandiaga Uno. 


"Pak Wali Kota (Taufan Pawe) menghadirkan event luar biasa. Ini bisa menghadirkan wisatawan mancanegara. Saya berharap Festival Salo' Karajae kembali masuk dalam KEN 2023," kata dia. 


Tak hanya memuji Wali Kota Parepare, Staf Ahli Kemenparekraf RI ini juga memuji kinerja Kepala Disporapar Parepare. "Luar biasa Pak Hamka," ujarnya di awal sambutan. 


Festival Salo' Karajae yang menampilkan parade perahu hias ini akan berlangsung mulai 27 September hingga 1 Oktober. 


Wali Kota Parepare Taufan Pawe pun mengaku bangga atas kesuksesan even yang memadati sepanjang pesisir sungai Salo' Karajae ini. 


"Saya bangga dengan festival ini. Saya merasa tidak sedang di Parepare. Terima kasih Kepala DKOP. Ini bukti Parepare sudah menjadi wajah terdelan di Sulsel," papar Taufan Pawe yang hadir bersama istri tercinta, Erna Rasyid Taufan.


Penulis: Arsyad/C